PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP TO GROUP EXCHANGE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 V KOTO KAMPUNG DALAM KABUPATEN PADANG PARIAMAN

NADIA, AFRINA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP TO GROUP EXCHANGE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 V KOTO KAMPUNG DALAM KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Nadia Afrina_1814010125_Cover,dll - Nadia Afrina.pdf

Download (854kB)
[img] Text
Nadia Afrina_1814010125_Bab I - Nadia Afrina.pdf

Download (379kB)
[img] Text
Nadia Afrina_1814010125_Bab II - Nadia Afrina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img] Text
Nadia Afrina_1814010125_Bab III - Nadia Afrina.pdf

Download (595kB)
[img] Text
Nadia Afrina_1814010125_Bab IV - Nadia Afrina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)
[img] Text
Nadia Afrina_1814010125_Bab V-Daftar Pustaka - Nadia Afrina.pdf

Download (259kB)
[img] Text
Nadia Afrina_1814010125_Fulltext - Nadia Afrina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah model pembelajaran yang digunakan masih berpusat kepada pendidik sehingga membuat peserta didik bosan dan sulit mengemukakan pendapat sehingga banyak peserta didik yang tidak aktif yang menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group to Group Exchange Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman”. Tujuan dalam penelitian skripsi ini yaitu (1) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group To Group Exchange pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI IPS di SMA Negeri 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. (2) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group To Group Exchange pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI IPS di SMA Negeri 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. (3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group To Group Exchange dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group to Group Exchange pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman . Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 1 V Koto Kampung Dalam tahun ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling, kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah XI IPS 1 dan kelas kontrol adalah kelas XI IPS 3. Hasil penelitian hasil analisis uji T yang dilakukan pada software SPSS versi 26 maka diperoleh sig α < 0,05 yaitu 0,000 artinya 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak dan T hitung > T tabel yaitu 48,514 > 2,005 artinya Ha yang mengatakan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group to Group Exchange terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI IPS di SMA Negeri 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman diterima dan H0 ditolak. Kata Kunci: Pengaruh, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group to Group Exchange, Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 30 Sep 2022 01:18
Last Modified: 30 Sep 2022 01:18
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11065

Actions (login required)

View Item View Item