IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA SMK NEGERI 1 LUBUK BASUNG

KAMELDA, PUTRI (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA SMK NEGERI 1 LUBUK BASUNG. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Kartika Hasanah-1814010010-COVER, DLL - Suara Kampus.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Kartika Hasanah-1814010010-BAB 1 - Suara Kampus.pdf

Download (271kB)
[img] Text
Kartika Hasanah-1814010010-BAB 2 - Suara Kampus.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] Text
Kartika Hasanah-1814010010-BAB 3 - Suara Kampus.pdf

Download (370kB)
[img] Text
Kartika Hasanah-1814010010-BAB 4 - Suara Kampus.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] Text
Kartika Hasanah-1814010010-BAB 5-DAFTAR PUSTAKA - Suara Kampus.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Kartika Hasanah-1814010010-fulltext (2) - Suara Kampus.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan karakter sangat penting sebagai pedoman dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Untuk itu penulis ingin mengetahui bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter religius siswa di SMK Negeri 1 Lubuk Basung. Namun berdasarkan observasi awal yang penulis lakukan di SMK Negeri 1 Lubuk Basung dalam pelaksanaan pendidikan karakter masih banyak siswa sering terlambat datang kesekolah, sering melakukan kegaduhan, jarang melaksanakan shalat, kurang berperan aktif dalam berbagai kegiatan seperti; kultum, fornis, dan rohis. Pada saat proses belajar mengajar berlangsung, ada siswa yang keluar masuk ruangan, ada yang bermain HP dan sibuk dengan aktivitasnya masing-masing ketika pendidik menjelaskan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, pelaksanaan pendidikan karakter berbasis kelas di SMK Negeri 1 Lubuk Basung, pelaksanaan pendidikan karakter berbasis budaya sekolah di SMK Negeri 1 Lubuk Basung dan pelaksanaan pendidikan karakter berbasis masyarakat di SMK Negeri 1 Lubuk Basung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau disebut juga (field research). Sedangkan metode yang digunakan disini adalah deskriptif kualitatif Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan; reduksi data, display data, dan pengambilan keputusan. Keabsahan data dilakukan dengan melakukan triangulasi sumber data dan triangulasi waktu. Hasil penelitian membuktikan bahwa, pelaksanaan pendidikan karakter religius siswa berbasis kelas, sudah terlaksana dengan baik, seperti membaca do’a sebelum dan sesudah pembelajaran secara khusyuk, membaca asma’ul husnah dan dilanjutkan dengan surah-surah pendek dan melakukan tadarus sebelum memulai pembelajaran. pelaksanaan pendidikan karakter religius siswa berbasis budaya sekolah, juga sudah terlaksana dengan baik, seperti, pelaksanaan ibadah shalat dhuha, shalat dzuhur, shalat jum’at secara berjama’ah dan infak jum’at, kemudian pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler kultum, Forum an-Nisa’ dan Rohani Islam, serta peringatan hari-hari besar Islam seperti peringatan 1 Muharram, Isra’ Mi’raj, Maulid Nabi, melaksanakan Qurban pada hari Raya Idul Adha. Pelaksanaan pendidikan karakter religius siswa berbasis masyarakat, dilihat dari pelaksanaannya juga sudah terlaksana dengan baik, yaitu adanya bentuk kerjasama antara pihak sekolah dengan orang tua dalam pendidikan karakter religius siswa seperti: pihak sekolah mendatangkan narasumber yang luar biasa dalam memberikan materi, bimbingan, arahan dan pelatihan buat pra guru dan orang tua dalam pendidikan karakter siswa kemudian adanya kerja sama antara guru dengan orang tua seperti: pemberian buku pelaksanaan shalat yang diberikan oleh guru kepada siswa yang nantinya harus di tanda tangani oleh orang tua. Kata Kunci : Implementasi Pendidikan Karakter Religius

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 29 Sep 2022 08:05
Last Modified: 29 Sep 2022 08:05
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11055

Actions (login required)

View Item View Item