PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TEA PARTY BERBANTUAN MEDIA POSTER TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTIKELAS VII DI SMP NEGERI 30 PADANG

IS, AMRATUL FUADI (2022) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TEA PARTY BERBANTUAN MEDIA POSTER TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTIKELAS VII DI SMP NEGERI 30 PADANG. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Is Amratul Fuadi_1814010052_Cover,dll - Is Amratul Fuadi.pdf

Download (789kB)
[img] Text
Is Amratul Fuadi_1814010052_Bab I - Is Amratul Fuadi.pdf

Download (399kB)
[img] Text
Is Amratul Fuadi_1814010052_Bab II - Is Amratul Fuadi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] Text
Is Amratul Fuadi_1814010052_Bab III - Is Amratul Fuadi.pdf

Download (522kB)
[img] Text
Is Amratul Fuadi_1814010052_Bab IV - Is Amratul Fuadi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)
[img] Text
Is Amratul Fuadi_1814010052_Bab V - Is Amratul Fuadi.pdf

Download (135kB)
[img] Text
Is Amratul Fuadi_1814010052_Fulltext - Is Amratul Fuadi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP Negeri 30 Padang Tahun 2021/2022 merupakan hal yang melatar belakangi penelitian ini. Sebagian besar peserta didik belum mencapai KKM yang telah ditetapkan sekolah yaitu 80. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi rendahnya hasil belajar tersebut adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran tea party berbantuan media poster pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu (1) Untuk mengetahui pelaksanaan strategi pembelajaran tea party berbantuan media poster pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP Negeri 30 Padang. (2) Untuk mengetahui hasil belajar pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP Negeri 30 Padang. (3) Untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Tea Party berbantuan media poster terhadap hasil belajar pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP Negeri 30 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Research). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII di SMP Negeri 30 Padang tahun ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling, yaitu penentuan sampel dengan cara acak sederhana. Kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VII.C dan kelas kontrol adalah kelas VII.F. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai post-test hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas eksperimen diperoleh rata-rata 86,42 dan kelas kontrol 77,58 dengan nilai tertinggi kelas eksperimen 100 dan nilai tertinggi kelas kontrol 90, sedangkan nilai terendah pada kelas eksperimen 75 dan kelas kontrol 55. Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS versi 26 diperoleh dalam dua arah atau signifikan (2-tailed) sebesar = 0,000, maka dapat diambil kesimpulan bahwa (0,000 < 0,05). Hal ini berarti yang berbunyi tidak terdapat perbedaan dengan strategi pembelajaran tea party ditolak dan diterima, yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan ketika penggunaan strategi pembelajaran tea party dibandingkan dengan strategi pembelajaran konvensional pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 30 Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 29 Sep 2022 07:57
Last Modified: 29 Sep 2022 07:57
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11052

Actions (login required)

View Item View Item