PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT MENGGUNAKAN APLIKASI FOCUSKY PADA MATERI AL-QUR’AN HADIST KELAS VII MTsN 04 KOTA PADANG

ICHSANUL, FADJRI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT MENGGUNAKAN APLIKASI FOCUSKY PADA MATERI AL-QUR’AN HADIST KELAS VII MTsN 04 KOTA PADANG. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Ichsanul Fadjri_1814010088__COVER, DLL - Ichsanul Fadjri.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ichsanul Fadjri_1814010088_BAB I - Ichsanul Fadjri.pdf

Download (613kB)
[img] Text
Ichsanul Fadjri_1814010088_BAB II - Ichsanul Fadjri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (943kB)
[img] Text
Ichsanul Fadjri_1814010088_BAB III - Ichsanul Fadjri.pdf

Download (631kB)
[img] Text
Ichsanul Fadjri_1814010088_BAB IV - Ichsanul Fadjri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Ichsanul Fadjri_1814010088_BAB V, DAFTAR PUSTAKA - Ichsanul Fadjri.pdf

Download (491kB)
[img] Text
Ichsanul Fadjri_1814010088_FULLTEXT - Ichsanul Fadjri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya minat dan juga perhatian peserta didik dalam pembelajaran diakibatkan karena media yang digunakan pendidik masih tergolong kepada media yang lama seperti LKPD, buku paket dll, sehingga perlu adanya pengembangan media pembelajaran yang kreatif dan lebih bervariasi, pengembangan media pembelajaran yang menarik dapat meningkatkan minat belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Salah satu solusinya pada zaman sekarang ini dimana zaman semakin canggih ialah dengan mengembangankan media pembelajaran menggunakan aplikasi focusky. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas serta praktikalitas dari media pembelajaran powerpoint menggunakan aplikasi focusky sehingga media ini dapat meningkatkan minat dan perhatian peserta didik untuk mempelajari Al-Qur’an Hadist dan juga media ini dapat digunakan oleh pendidik untuk mempermudah pendidik dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan dan model penelitian yang digunakan adalah penelitian 4D yang meliputi empat tahap yaitu tahap Define (Pendefinisian), Tahap Desaign (Perancangan), Tahap Development (Pengembangan), Tahap Dissemination (Penyebarluasan). Instrumen yang digunakan adalah lembaran penilaian diberikan kepada tiga validator atau para ahli yaitu ahli media, ahli materi dan ahli bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media Pembelajaran powerpoint menggunakan aplikasi focusky pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist materi menggapai kebahagiaan dengan sabar dan syukur kelas VII MTsN 4 Kota Padang, setelah diuji kelayakan media diperoleh nilai 95 dengan kategori sangat valid, nilai validitas untuk kelayakan materi yaitu 96,66 dengan kategori sangat valid, dan nilai validitas untuk kelayakan bahasa yaitu 93,75 dengan kategori sangat valid. Nilai praktikalitas oleh pendidik yaitu 100 dengan kategori sangat praktis, dan nilai praktikalitas oleh peserta didik yaitu 88,33 dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil analisis data, maka media pembelajaran sudah dapat dikatakan valid dan praktis serta dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist. Kata Kunci: Pengembangan, Media Powerpoint, Aplikasi Focusky, Al-Qur’an Hadist.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 29 Sep 2022 07:40
Last Modified: 29 Sep 2022 07:40
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11048

Actions (login required)

View Item View Item