PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VIII SMP IT SABBIHISMA PADANG

IBNU, MUHAMMAD RUSYDI (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VIII SMP IT SABBIHISMA PADANG. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Ibnu Muhammad Rusydi_1814010123_Cover, dll - Devira Ikhsaniah.pdf

Download (748kB)
[img] Text
Ibnu Muhammad Rusydi_1814010123_Bab I - Devira Ikhsaniah.pdf

Download (377kB)
[img] Text
Ibnu Muhammad Rusydi_1814010123_Bab II - Devira Ikhsaniah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB)
[img] Text
Ibnu Muhammad Rusydi_1814010123_Bab III - Devira Ikhsaniah.pdf

Download (271kB)
[img] Text
Ibnu Muhammad Rusydi_1814010123_Bab IV - Devira Ikhsaniah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] Text
Ibnu Muhammad Rusydi_1814010123_Bab V -Daftar pustaka - Devira Ikhsaniah.pdf

Download (158kB)
[img] Text
Ibnu Muhammad Rusydi_1814010123_Fulltext - Devira Ikhsaniah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang peneltian ini tentang penerapan model pembelajaran dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP IT Sabbihisma Padang, mulai mengarah pada model pembelajaran yang menuntut peserta didik lebih mandiri serta kreatif dan mampu berpikir kritis. Juga dapat meningkatkan semangat dan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran. Adapun model pembelajaran itu adalah model pembelajaran Concept Sentence yang sudah diterapkan di SMP IT Sabbihisma Padang. Penelitian ini membahas tentang pengaruh penerapan model Pembelajaran Concept Sentence terhadap hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP IT Sabbihisma Padang. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran Concept Sentence di kelas VIII SMP IT Sabbihisma Padang (2) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP IT Sabbihisma Padang (3) Untuk mengetahui hasil pengaruh penerapan model pembelajaran Concept Sentence terhadap hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP IT Sabbihisma Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif ex post facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP IT Sabbihisma Padang tahun ajaran 2021/2022, berjumlah 200 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling berjumlah 40 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil penelitian model pembelajaran tergolong pada kategori sedang, hal ini mengacu persentase sebesar (67,5%) dan rata-rata hasil penelitian hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tergolong pada kategori sedang, hal ini juga mengacu pada persentase sebesar (55%). Berdasarkan hasil pengolahan data dengan pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan uji regresi, diperoleh nilai sig < 0,05 (0,00 < 0,05) . Oleh karena itu dapat dikatakan H0 yang berbunyi Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Concept Sentence terhadap hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP IT Sabbihisma Padang ditolak dan Ha diterima, yang artinya Terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Concept Sentence terhadap hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP IT Sabbihisma Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 29 Sep 2022 07:36
Last Modified: 29 Sep 2022 07:36
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11047

Actions (login required)

View Item View Item