PENERAPAN MEDIA SCRAPBOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VIII DI MTsN 1 PASAMAN BARAT

DINA, SYAFANA (2022) PENERAPAN MEDIA SCRAPBOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VIII DI MTsN 1 PASAMAN BARAT. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Dina Syafana_1814010087_Cover,dll - Dina Syafana.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Dina Syafana_1814010087_Bab I - Dina Syafana.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Dina Syafana_1814010087_Bab II - Dina Syafana.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Dina Syafana_1814010087_Bab III - Dina Syafana.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Dina Syafana_1814010087_Bab IV - Dina Syafana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Dina Syafana_1814010087_Fulltext - Dina Syafana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di MTsN 1 Pasaman Barat tahun pelajaran 2021/ 2022 yang disebabkan oleh kurangnya keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran dan media pembelajaran untuk menunjang proses pembelajaran di kelas. Akibatnya, sebagian besar peserta didik belum mencapai KKM yang telah ditetapkan sekolah yaitu 75. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi rendahnya hasil belajar peserta didik tersebut adalah dengan menerapkan media scrapbook dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dengan menggunakan media scrapbook pada kelas VIII di MTsN 1 Pasaman Barat, (2) Hasil belajar peserta didik kelas kontrol yang tidak menggunakan media scrapbook pada kelas VIII di MTsN 1 Pasaman Barat, (3) mengetahui perbedaan signifikan perbedaan hasil belajar antara peserta didik kelas eksprimen yang menggunakan media scrapbook dengan peserta didik kelas kontrol yang tidak menggunakan media scrapbook pada kelas VIII di MTsN 1 Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah eksperimen True experimental design dengan desain penelitian Pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di MTsN 1 Pasaman Barat tahun pelajaran 2021/ 2022. Pengambilan sampel dilakukan dengan Simple Random Sampling, kelas yang digunakan untuk kelas eksperimen yaitu kelas VIII-3 dan kelas kontrol yaitu kelas VIII-4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media scrapbook dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik secara efektif. Ini dibuktikan dengan dengan hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen 84,86 berada di kategori baik. Dan untuk rata-rata hasil belajar peserta didik kelas kontrol yaitu 71,10 berada di kategori kurang. Dibuktikan uji hipotesis dengan SPSS versi 20 diperoleh signifikan α dalam dua sisi (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan ha (hipotesis alternatif) diterima dan h0 (hipotesis nihil) ditolak atau terdapat signifikansi perbedaan hasil belajar peserta didik antara kelas yang menggunakan media scrapbook dengan kelas yang tidak menggunakan media scrapbook, pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di MTsN 1 Pasaman Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 29 Sep 2022 04:34
Last Modified: 29 Sep 2022 04:34
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11036

Actions (login required)

View Item View Item