PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP RESUME TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTsN 6 PADANG

Anton, Rohmat Basuki (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP RESUME TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTsN 6 PADANG. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Anton Rohmat Basuki_1814010116_Cover,dll - Anton Rohmat Basuki.pdf

Download (784kB)
[img] Text
Anton Rohmat Basuki_1814010116_Bab I - Anton Rohmat Basuki.pdf

Download (758kB)
[img] Text
Anton Rohmat Basuki_1814010116_Bab II - Anton Rohmat Basuki.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (778kB)
[img] Text
Anton Rohmat Basuki_1814010116_Bab III - Anton Rohmat Basuki.pdf

Download (789kB)
[img] Text
Anton Rohmat Basuki_1814010116_Bab IV - Anton Rohmat Basuki.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (796kB)
[img] Text
Anton Rohmat Basuki_1814010116_Bab V - Daftar Pustaka - Anton Rohmat Basuki.pdf

Download (799kB)
[img] Text
Anton Rohmat Basuki_1814010116_Fulltext - Anton Rohmat Basuki.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (783kB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar Al-Qur’an Hadits peserta didik kelas VIII di MTsN 6 Padang tahun ajaran 2021/2022 merupakan hal yang melatarbelakangi penelitian ini. Sebagian besar peserta didik belum mencapai KKM yang telah ditetapkan sekolah yaitu 80. Dengan harapan cara yang dapat digunakan untuk mengatasi rendahnya hasil belajar tersebut adalah dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Resume pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu (1) Mengetahui pretest hasil belajar Al–Qur’an Hadits menggunakan dan tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group resume di MTsN 6 Padang (2) Mengetahui posttest hasil belajar Al-Qur’an Hadits menggunakan dan tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group resume di MTsN 6 Padang (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group resume dan menggunakan model pembelajaran konvensional di MTsN 6 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen, jenis eksperimen penelitian ini adalah quasi eksperimen atau eksperimen semu, lalu rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah non quivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.6,7,8 MTsN 6 Padang tahun ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara nonrandom purposive sampling, yaitu yang ditekankan untuk menjadi sampel karena adanya pertimbangan karakteristik atau ciri-ciri tertentu. Kelas yang dipilih sebagai kelas kontrol adalah kelas VIII. 6 dan kelas eksperimen adalah kelas VIII. 8. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai posttest hasil belajar Al-Qur’an Hadits kelas eksperimen diperoleh rata-rata 87 dan kelas kontrol 84 dengan nilai tertinggi kelas eksperimen 93 dan nilai tertinggi kelas kontrol 100, sedangkan nilai terendah pada kelas eksperimen 33 dan kelas kontrol 20. Berdasarkan analisis uji t dengan SPSS versi 26, maka diperoleh dalam dua arah atau sig (2-tailed) sebesar = 0,981, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa (0,981> 0,05), Ho diterima dan Ha ditolak, ini berarti tidak terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group resume terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Al-Qu’ran Hadits kelas VIII.6 MTsN 6 Padang. Kata Kunci: Model Pembelajaran kooperatif, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Al-Quran Hadits

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 29 Sep 2022 03:48
Last Modified: 29 Sep 2022 03:48
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11028

Actions (login required)

View Item View Item