PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 5 KOTA SOLOK

Sartika Wahyuni, Sartika (2019) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 5 KOTA SOLOK. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
SKRIPSI BAB I.pdf - Published Version

Download (168kB)
[img] Text
COVER, PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN ABSTRAK (PDF).pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB III.pdf - Published Version

Download (479kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB V.pdf - Published Version

Download (70kB)
[img] Text
z daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (64kB)
[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN (PDF).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah beragamnya hasil belajar matematika peserta didik yang dikaitkan dengan kemandirian belajar peserta didik. Beragamnya hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 5 Kota Solok terlihat dari nilai Semester Ganjil yang berada di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75, sebanyak 42,7% dan yang berada di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebanyak 57,3%. Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar, salah satunya kemandirian belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Kemandirian belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Solok, 2) Hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Solok, 3) Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Solok dengan menggunakan sampel sebanyak 26 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes hasil belajar. Teknik pengolahan data dengan cara uji persyaratan ilmiah dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah: 1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa ratarata hasil pengisian angket peserta didik adalah . 2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada tes akhir peserta didik adalah . 3) kemandirian belajar berpengaruh secara positif terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMPN 5 Kota Solok, nilai square diperoleh sebesar atau dengan demikian dapat diartikan bahwa hasil belajar matematika peserta didik ditentukan oleh kemandirian belajar, sedangkan lagi ditentukan oleh faktor lain. Adapun persamaan regresinya adalah artinya jika nilai variabel bebas atau kemandirian belajar naik satu satuan maka variabel terikat atau hasil belajar dapat diprediksi akan meningkat sebesar atau pada konstanta . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semakin baik dan meningkat kemandirian belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Solok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 29 Sep 2022 03:36
Last Modified: 29 Sep 2022 03:36
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11026

Actions (login required)

View Item View Item