PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA KELAS VIII DI MTsN 1 KOTA PARIAMAN

ANGGI, AFRIANI (2022) PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA KELAS VIII DI MTsN 1 KOTA PARIAMAN. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Anggi Afriani_1814010003_Cover,dll - Anggi Afriani.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Anggi Afriani_1814010003_Bab I - Anggi Afriani.pdf

Download (637kB)
[img] Text
Anggi Afriani_1814010003_Bab II - Anggi Afriani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)
[img] Text
Anggi Afriani_1814010003_Bab III - Anggi Afriani.pdf

Download (222kB)
[img] Text
Anggi Afriani_1814010003_Bab IV - Anggi Afriani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img] Text
Anggi Afriani_1814010003_Bab V-Daftar Pustaka - Anggi Afriani.pdf

Download (601kB)
[img] Text
Anggi Afriani_1814010003_Fulltext - Anggi Afriani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik di MTsN 1 Kota Pariaman yang menganggap bahwa mata pelajaran SKI sangatlah membosankan sehingga membuat mereka mudah mengantuk dalam mengikuti pelajaran, materi sulit untuk diingat karena kontekstual berupa materi yang harus diingat, seperti nama-nama tokoh, tahun, dan tempat-tempat, sehingga dengan persepsi yang ada terkadang peserta didik malas untuk mengikuti pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi peserta didik terhadap pembelajaran SKI pada kelas VIII di MTsN 1 Kota Pariaman. Persepsi itu sendiri merupakan suatu proses penggunaan pengetahuan yang telah dimiliki untuk memperoleh dan menginterpretasi stimulus (rangsangan) yang diterima oleh sistem alat indra manusia. Persepsi peserta didik terhadap pembelajaran SKI dalam hal ini antara lain mengenai tujuan pembelajaran SKI, penggunaan metode, media dan sumber belajar dalam proses pembelajaran SKI, serta penilaian pembelajaran SKI oleh pendidik Jenis penelitian yang digunakan penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini pendidik dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Persepsi peserta didik terhadap tujuan pembelajaran SKI sudah baik, peserta didik memandang bahwa pendidik telah menyampaikan tujuan pembelajaan di setiap awal pembelajaran yang mana hal tersebut sangat penting sebagai tolak ukur keberhasilan suatu pembelajaran. 2) Persepsi peserta didik terhadap metode pembelajaran SKI masih kurang baik, peserta didik memandang bahwa pendidik dalam menyampaikan pembelajaran didominasi dengan metode ceramah, sehingga peserta didik kurang berminat untuk mempelajari SKI. 3) Persepsi peserta didik terhadap media pembelajaran SKI masih kurang baik, peserta didik memandang bahwa pendidik menggunakan media pembelajaran berupa buku sehingga peserta didik kurang berminat untuk mempelajari SKI karena membosankan. 4) Persepsi peserta didik terhadap sumber pembelajaran SKI masih kurang baik, peserta didik memandang bahwa pendidik hanya memanfaatkan sumber belajar dari buku dan bahan ajar, sedangkan minat baca peserta didik rendah. 5) Persepsi peserta didik terhadap evaluasi pembelajaran SKI sudah baik, peserta didik memandang bahwa pendidik telah memberikan evaluasi yang sesuai dengan keinginan peserta didik, walaupun masih ada kekurangannya. Kata kunci: Persepsi, Peserta Didik, SKI,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 29 Sep 2022 03:32
Last Modified: 29 Sep 2022 03:32
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11025

Actions (login required)

View Item View Item