PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMAN 5 PADANG

AMINATI, KHAIRUNISA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMAN 5 PADANG. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Aminati Khairunnisa_1814010008_Cover - Aminati Khairunisa.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Aminati Khairunisa_1814010008_BAB I - Aminati Khairunisa.pdf

Download (959kB)
[img] Text
Aminati Khairunisa_1814010008_BAB II - Aminati Khairunisa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Aminati Khairunisa_1814010008_BAB III - Aminati Khairunisa.pdf

Download (786kB)
[img] Text
Aminati Khairunisa_1814010008_BAB IV - Aminati Khairunisa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (770kB)
[img] Text
Aminati Khairunnisa _1814010008_BAB V - Aminati Khairunisa.pdf

Download (489kB)
[img] Text
Aminati Khairunnisa_1814010008_Fulltext - Aminati Khairunisa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar peserta didik dikarenakan peserta didik belum berpartisipasi aktif ketika proses tanya jawab, rendahnya semangat serta motivasi belajar peserta didik dalam proses pembelajaran. Hal ini disebabkan karena kurangnya variasi model pembelajaran PAI. Dalam permasalahan ini, harus ada inovasi pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik sehingga proses pembelajaran yang dilaksanakan tidak monoton, tidak membosankan dan siswa terlibat aktif. Salah satu inovasi pembelajaran yang bisa mendorong peserta didik untuk termotivasi dalam belajar adalah melalui penggunaan model pembelajaran yang bervariasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) gambaran motivasi belajar peserta didik di kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas XI di SMAN 5 Padang, (2) gambaran motivasi belajar peserta didik di kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas XI di SMAN 5 Padang, (3) pengaruh motivasi belajar peserta didik kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay dengan kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas XI di SMAN 5 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang berbentuk eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain penelitian quasi eksperimen tipe posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA di SMAN 5 Padang tahun pelajaran 2022/2023 sedangkan untuk sampel nya yaitu kelas XI MIPA 7 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan analisis data menggunakan SPSS versi 26, diperoleh rata-rata nilai posttest kelas eksperimen 75,83 dengan nilai tertinggi 87 dan terendah 67, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata nilai posttest 73,42 dengan nilai tertinggi 83 dan terendah 66. Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS versi 26, diperoleh signifikan a dalam dua sisi (2-tailed) = 0,030, sehingga disimpulkan bahwa (0,030 < 0,05), hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak dan artinya terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe course review horay terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMAN 5 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 29 Sep 2022 03:23
Last Modified: 29 Sep 2022 03:23
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11023

Actions (login required)

View Item View Item