PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DAN NILAI KEISLAMAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII MTsN KOTA SOLOK

Saibah, Saibah (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DAN NILAI KEISLAMAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII MTsN KOTA SOLOK. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
b. Cover, Persetujuan Pembimbing dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (459kB)
[img] Text
c. BAB I.pdf - Published Version

Download (333kB)
[img] Text
d. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img] Text
e. BAB III.pdf - Published Version

Download (381kB)
[img] Text
f. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
g. BAB V.pdf - Published Version

Download (59kB)
[img] Text
h. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (160kB)
[img] Text
i. Gabungan Keseluruhan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Keterbatasan sumber belajar disekolah menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kurangnya motivasi peserta didik dalam belajar. Bahan ajar yang digunakan peserta didik hanya terfokus pada penguasaan materi secara teoritis, sehingga peserta didik kurang terlibat langsung dalam menemukan konsep matematika. Untuk itu perlu dikembangkan suatu bahan ajar berupa LKPD berbasis Realistic Mathematics Education (RME) dan Nilai Keislaman. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis Realistic Mathematics Education (RME) dan Nilai Keislaman yang memenuhi kriteria valid dan praktis untuk digunakan peserta didik kelas VII MTsN Kota Solok. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D yang meliputi define, design, develop dan disseminate. Peneliti memodifikasi model pengembangan tersebut dengan penyederhanaan model yaitu terbatas pada tahap pengembangan (develop) dengan pertimbangan kekurangan dana. Tahap pendefinisian (define) terdiri dari analisis wawancara, analisis konsep dan analisis peserta didik. Tahap perancangan (design) terdiri dari perancangan LKPD, perancangan instrumen dan validasi instrumen penilaian LKPD. Pada tahap pengembangan (develop) terdiri dari validasi LKPD oleh dosen matematika dan dosen bahasa dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), uji coba dan angket untuk mengetahui respon peserta didik dan pendidik. Penelitian ini menghasilkan Lembar Kerja peserta Didik (LKPD) berbasis Realistic Mathematics Education (RME) dan Nilai Keislaman pada materi Himpunan Kelas VII MTsN Kota Solok. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian ahli/pakar, LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase 85,84%. Berdasarkan pada hasil pengisian angket respon pendidik, angket respon peserta didik dan wawancara menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan praktis digunakan dengan persentase 78,75% untuk pendidik dan 82,77% untuk peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 29 Sep 2022 03:21
Last Modified: 29 Sep 2022 03:21
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11022

Actions (login required)

View Item View Item