MOTIVASI PENYULUH AGAMA DALAM PELAKSANAAN PROGRAM MAGRIB AL QUR’AN DAN SUBUH BERJAMAAH DI NAGARI TALANG KECAMATAN GUNUNG TALANG KABUPATEN SOLOK

IKHRAM SABDANA, PUTRA (2021) MOTIVASI PENYULUH AGAMA DALAM PELAKSANAAN PROGRAM MAGRIB AL QUR’AN DAN SUBUH BERJAMAAH DI NAGARI TALANG KECAMATAN GUNUNG TALANG KABUPATEN SOLOK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text
IKHRAM SABDANA PUTRA_1612030013_BAB I - Rivaldi Chandra.pdf

Download (690kB)
[img] Text (Bab II)
IKHRAM SABDANA PUTRA_1612030013_BAB II - Rivaldi Chandra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] Text
IKHRAM SABDANA PUTRA_1612030013_BAB III - Rivaldi Chandra.pdf

Download (236kB)
[img] Text (Bab IV)
IKHRAM SABDANA PUTRA_1612030013_BAB IV - Rivaldi Chandra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] Text
IKHRAM SABDANA PUTRA_1612030013_BAB V - Rivaldi Chandra.pdf

Download (381kB)
[img] Text
IKHRAM SABDANA PUTRA_1612030013_COVER DLL - Rivaldi Chandra.pdf

Download (1MB)
[img] Text
IKHRAM SABDANA PUTRA_1612030013_COVER DLL - Rivaldi Chandra.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Fulltext)
IKHRAM SABDANA PUTRA_1612030050_FULLTEXT - Rivaldi Chandra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Motivasi Penyuluh Agama dalam Pelaksanaan Program Magrib Al-Qur’an dan Subuh Berjamaah di Nagari Talang Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok ditulis oleh Ikhram Sabdana Putra NIM. 1612030013 Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Program Magrib Al-Qur’an dan Subuh berjamaah yang dijalankan oleh Penyuluh Agama di Nagari Talang merupakan program keagamaan dari Bupati Solok. Penyuluh Agama yang telah ditunjuk dalam menjalankan tugas untuk mensosialisasikan kegiatan di Nagari Talang mendapatkan imbalan atau gaji. Adapun gaji yang diterima Penyuluh Agama dalam mensosialisasikan program nominalnya kecil. Meskipun demikian tidak mengurangi semangat mereka dalam mensosialisasikan program tersebut. Motivasi mereka tidak berkurang dan selalu bersemangat dalam melaksanakannya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui motivasi intrinsik dan ekstrinsik Penyuluh Agama dalam pelaksanaan program Magrib Al Qur’an dan Subuh Berjamaah di Nagari Talang Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok. Penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif. Sumber data terdiri dari sumber data primer yaitu Penyuluh Agama dan sumber data sekunder berupa dokumentasi, arsip yang berkaitan dengan program Magrib Al-Qur’an dan Subuh berjamaah. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan study dokumentasi. Teknik pengolahan data dengan memeriksa kembali, menganalisa, menampilkan, dan menarik kesimpulan. Temuan penelitian yang penulis dapatkan di Nagari Talang Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok. (1). Motivasi intrinsik Penyuluh Agama dalam melaksanakan program Maghrib Al-Qur’an dan Subuh Berjamaah mereka berkeinginan menambah penghasilan, menambah wawasan, pengalaman dan memperluas pergaulan, keinginan memenuhi kebutuhan hidup seperti sandang, pangan dan papan, memiliki suatu kekayaan, mendapatkan penghargaan, memperoleh pengakuan serta menjalankan amanah yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Solok. (2). Motivasi ekstrinsik Penyuluh Agama ialah kondisi lingkungan kerja penyuluh cukup baik seperti adanya sarana dan prasarana serta adanya dukungan dari masyarakat, adanya pemberian kompensasi walaupun belum cukup memadai, adanya pemberian arahan dan bimbingan, adanya jaminan pekerjaan berupa surat kontrak kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Lusi Ismail Lusi
Date Deposited: 29 Sep 2022 02:45
Last Modified: 29 Sep 2022 02:45
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11014

Actions (login required)

View Item View Item