IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN ACTIVE DEBATE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 5 KOTA PADANG

PUTRI, WAHYUNI (2022) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN ACTIVE DEBATE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 5 KOTA PADANG. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Putri Wahyuni_1714010023_Cover,dll (1)-1 - Putri Wahyuni.pdf

Download (794kB)
[img] Text
Putri Wahyuni_1714010023_BAB I - Putri Wahyuni.pdf

Download (407kB)
[img] Text
Putri Wahyuni_1714010023_BAB II-1 - Putri Wahyuni.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] Text
Putri Wahyuni_1714010023_BAB III - Putri Wahyuni.pdf

Download (191kB)
[img] Text
Putri Wahyuni_1714010023_BAB IV - Putri Wahyuni.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (932kB)
[img] Text
Putri Wahyuni_1714010023_BabV-Daftar Pustaka - Putri Wahyuni.pdf

Download (430kB)
[img] Text
Putri Wahyuni_1714010023_Full Text.. - Putri Wahyuni.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang terlibatnya peserta didik dalam proses pembelajaran sehingga suasana belajar tidak menyenangkan, baik bagi peserta didik maupun bagi pendidik. Saat peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya dan berpendapat, sebagian besar peserta didik diam saja, menghindari kontak mata dengan guru dan menunggu guru menunjuk salah satu dari mereka. Sering ditemukan dikelas bahwa pendidik menguasai materi dengan baik tetapi tidak dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan baik. Hal itu terjadi karena kegiatan tersebut tidak didasarkan dengan metode pembelajaran tertentu sehingga hasil belajar yang diperoleh peserta didik rendah, kemudian nilai yang diperolehnya juga dibawah standar nilai KKM. Jadi untuk dapat membangkitkan minat belajar siswa adalah dengan menggunkan Metode perdebatan aktif. Metode debat dapat mengaktifkan seluruh kelas karena siswa dibagi kedalam dua kelompok pro dan kontra, dan setiap anggota kelompok diminta untuk menyiapkan alasan dalam membela dan mempertahankan pendapat kelompok. Rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimana Penerapan Metode Active Debate pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Muhammadiyah 5 Kota Padang. Tujuan penelitian ini adalah: untuk meningkatkan daya tarik peserta didik dalam proses pembelajaran di SMP Muhammadiyah 5 Kota Padang, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran setelah menggunakan Metode tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SMP Muhammadiyah 5 Kota Padang, pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pembelajaran Active Debate dalam mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP Muhammadiyah 5 Kota Padang yaitu pendidik memanfaatkan kelas dengan membentuk peserta didik menjadi beberapa kelompok, kemudian mendiskusikan materi pelajaran tentang makanan dan minuman yang halal dan haram. Setelah itu peserta didik membahas bersama-sama tentang materi tersebut sehingga terlihat bahwa peserta didik sedang melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan Metode Active Debate . Penerapan pembelajaran Active Debate memberikan banyak pengalaman kepada peserta didik, suasana belajar menjadi menyenangkan dan bervariasi sehingga peserta didik tidak merasa bosan. Kata Kunci : Implementasi, Metode Active Debate , PAI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 29 Sep 2022 02:19
Last Modified: 29 Sep 2022 02:19
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11010

Actions (login required)

View Item View Item