MANAJEMEN KEPALA KUA DALAM MEMBINA KELUARGA SAKINAH, PRA DAN PASCA NIKAH DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN TIMPEH KABUPATEN DHARMASRAYA

FITRI, AZIZAH (2022) MANAJEMEN KEPALA KUA DALAM MEMBINA KELUARGA SAKINAH, PRA DAN PASCA NIKAH DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN TIMPEH KABUPATEN DHARMASRAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text
Fitri Azizah_1712030065_Bab I - fitri azizah.pdf

Download (454kB)
[img] Text (Bab II)
Fitri Azizah_1712030065_Bab II - fitri azizah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)
[img] Text
Fitri Azizah_1712030065_Bab III - fitri azizah.pdf

Download (51kB)
[img] Text (Bab IV)
Fitri Azizah_1712030065_Bab IV - fitri azizah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] Text
Fitri Azizah_1712030065_Bab V_Daftar Pustaka - fitri azizah.pdf

Download (129kB)
[img] Text
Fitri Azizah_1712030065_Cover,dll - fitri azizah.pdf

Download (648kB)
[img] Text (Fulltext)
Fitri Azizah_1712030065_Fulltext - fitri azizah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul Manajemen Kepala KUA dalam Membina Keluarga Sakinah, Pra dan Pasca Nikah di Kantor Urusan Agama Kecamatan Timpeh Kabupaten Dharmasraya. Disusun oleh Fitri Azizah, Nim: 1712030065, Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Latar belakang penelitian ini ditemukan adanya kegiatan pembinaan keluarga sakinah baik pra maupun pasca nikah yang ada di KUA kecamatan Timpeh kabupaten Dharmasraya. Kegiatan tersebut masih dilakukan belum sepenuhnya dapat memberikan kontribusi terhadap upaya menciptakan keluarga bahagia yang dikenal dengan keluarga sakinah. Maka penelitian ini bertujuan untuk melihat tentang kegiatan pembinaan yang dilakukan oleh KUA dalam perspektif manajemen meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif yang merupakan data-data yang dikumpulkan dari observasi, wawancara, dan dokumentasi yang membutuhkan data primer dan data sekunder, dengan menggunakan teknik penetapan sumber data purposive sampling, yang menjadi fokus penelitian penulis di Kecamatan Timpeh Kabupaten Dharmasraya. Dengan tujuan untuk melihat sejauh mana pengelolaan program pembinaan keluarga Sakinah, Pra dan Pasca Nikah dapat terlaksana di lapangan. Penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen kepala KUA dalam membina keluarga sakinah, pra dan pasca nikah di kantor urusan agama Kecamatan Timpeh Kabupaten Dharmasraya dari tinjauan perencanaan dilakukan dengan tujuan dari program, penjadwalan, penganggaran, metode atau teknik yang dipakai, dan syarat-syarat untuk mengikuti pelaksanaan program pembinaan kelurga sakinah pra dan pasca nikah. Pengorganisasian manajemen kepala KUA dalam membina keluarga sakinah, pra dan pasca nikah di kantor urusan agama Kecamatan Timpeh Kabupaten Dharmasraya dilakukan dengan bentuk pembagian kerja, sistem pengelompokan penyuluh agama, sistem pengelompokan anggota yang akan mengikuti program pembinaan keluarga sakinah pra dan pasca nikah, dan cara mengkoordinasikan antar kegiatan yang satu dengan kegiaatan yang lainnya. Sedangkan penggerakan manajemen kepala KUA dalam membina keluarga sakinah, pra dan pasca nikah di kantor urusan agama Kecamatan Timpeh Kabupaten Dharmasraya dilakukan dengan motivasi yang diberikan oleh kepala KUA kepada para bawahan untuk meningkatkan kinerja penyuluh agama di KUA Kecamatan Timpeh, bimbingan yang diberikan kepada penyuluh Agama, dan komunikasi antar sesama penyuluh agama. Dilihat dari tinjauan pengawasan manajemen kepala KUA dalam membina keluarga sakinah, pra dan pasca nikah di kantor urusan agama Kecamatan Timpeh Kabupaten Dharmasraya dilakukan dengan standar pengawasan di KUA Kecamatan Timpeh, bentuk pengukuran kerja, dan cara kepala KUA melakukan pengawasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Lusi Ismail Lusi
Date Deposited: 28 Sep 2022 08:28
Last Modified: 28 Sep 2022 08:28
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10993

Actions (login required)

View Item View Item