STRATEGI PELAYANAN JAMAAH HAJI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN SOLOK

FIRA, RAHMAYUNI (2022) STRATEGI PELAYANAN JAMAAH HAJI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN SOLOK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (Bab II)
Fira Rahmayuni_1612030105_Bab II - Fira Rahmayuni.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)
[img] Text
Fira Rahmayuni_1612030105_Bab I - Fira Rahmayuni.pdf

Download (611kB)
[img] Text
Fira Rahmayuni_1612030105_Bab III - Fira Rahmayuni.pdf

Download (276kB)
[img] Text
Fira Rahmayuni_1612030105_Bab V-Daftar Pustaka - Fira Rahmayuni.pdf

Download (143kB)
[img] Text
Fira Rahmayuni_1612030105_Cover,dll - Fira Rahmayuni.pdf

Download (272kB)
[img] Text (Fulltext)
Fira Rahmayuni_1612030105_Fulltext - Fira Rahmayuni.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Bab IV)
Fira Rahmayuni_1612030105_Bab IV - Fira Rahmayuni.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Strategi Pelayanan Jamaah Haji di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok”. Disusun oleh Fira Rahmayuni Nim. 1612030105 Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. 2022, 113 halaman. Penelitian ini mengungkap tentang keunggulan dari pelayanan jamaah haji yang dilakukan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok, jumlah karyawan yang sedikit mampu mengerjakan kegiatan yang banyak dan berefek kepada semakin meningkatnya minat masyarakat untuk mendaftarkan diri sebagai calon jamaah haji. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tentang strategi yang digunakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok dalam pelayanan jamaah haji dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif, sumber datanya adalah Kepala Bidang PHU di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok, karyawan/staf PHU. Teknik penetapan sumber data atau informan menggunakan purposive. Teknik pengumpulan sumber data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian, pertama temuan ini menunjukkan bahwa perencanaan disusun dengan cara mengacu kepada Renstra nomor: / Kk.03-a/OT.00/8/2020 tentang rencana strategis Kantor Kementerian Agama Kab. Solok tahun 2020- 2024. Dalam menyusun tersebut Kantor Kementerian Agama Kab. Solok yaitu menetapkan tujuan yang akan dicapai, waktu pelaksanaan, biaya yang diperlukan, program yang akan dijalankan dan karyawan yang akan menjalankan program tersebut. Kedua Pelaksanaan pelayanan yang harus diberikan oleh Bidang PHU adalah pendaftaran, mengumrahkan tapi biasanya meminta rekomendasi pengurusan paspor, melayani pembatalan atau meninggal dunia (pemindahan porsi). Pelayanan jamaah haji yang dilakukan oleh Bidang PHU juga bekerja sama dengan instansi terkait lain. Ketiga evaluasi yang dilakukan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok dilakukan sekali setahun dengan cara mengumpulkan orang-orang yang terlibat dalam pelayanan jamaah Haji, di dalam perkumpulan tersebut dibahas tentang kendala-kendala yang terjadi sampai kepulangan jamaah haji dan meningkatan pelayanan terbaik untuk mencapai haji mabrur khususnya jamaah haji Kab. Solok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Lusi Ismail Lusi
Date Deposited: 28 Sep 2022 08:16
Last Modified: 28 Sep 2022 08:16
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10992

Actions (login required)

View Item View Item