PENGEMBANGAN HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY (HLT) PADA MATERI BILANGAN BULAT BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) KELAS VII

Ridha Ilhami, Ridha (2019) PENGEMBANGAN HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY (HLT) PADA MATERI BILANGAN BULAT BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) KELAS VII. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
COVER, PERSETUJUAN PEMBIMBING, ABSTRAK (PDF).pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (226kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (221kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (96kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (92kB)
[img] Text
SKRIPSI DIGABUNGKAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Bilangan bulat dan operasinya merupakan materi yang perlu dikuasai peserta didik sebagai modal utama bagi peserta didik untuk memahami konsep pada jenjang selanjutnya. Namun faktanya, seringkali materi ini sulit dipahami peserta didik karena banyaknya peserta didik yang melakukan kesalahan dalam mengoperasikan bilangan bulat terutama operasi hitung bilangan bulat yang melibatkan bilangan bulat negatif dan sebagian besar peserta didik belum memahami konsep operasi hitung bilangan bulat. Pengajaran bilangan bulat yang terfokus pada prosedur formal, tidak akan mampu mengarahkan siswa mengembangkan kemampuan bernalarnya dalam penemuan konsep bilangan bulat itu sendiri dan hubungannya dengan kehidupan sehari-hari. Oleh karena ini, dirancang alur belajar topik bilangan bulat menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) yang valid. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian desain (design research), design research dipilih sebagai jenis penelitian untuk mencapai tujuan tersebut. Penelitian didesain melalui pembelajaran materi bilangan bulat. Tahapan penelitian dengan persiapan percobaan (preparing for the experiment), percobaan desain (design experiment), dan analisis retrospektif (retrospective analysis). Penelitian ini menghasilkan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) yang memuat serangkain pembelajaran. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli sampai September 2018 di MTsN 3 Solok. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus yaitu ujicoba kelompok kecil dan ujicoba kelompok besar. Subjek ujicoba kelompok kecil terdiri dari 4 orang siswa kelas VII A dan subjek ujicoba kelompok besar terdiri dari 40 orang siswa kelas VII B. Data penelitian dikumpulkan dari dokumentasi rekaman video, lembar kerja peserta didik, wawancara, dan catatan lapangan. Alur belajar yang dirancang terdiri dari memahami konsep bilangan bulat, membandingkan bilangan bulat, menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat, mengalikan dan membagi bilangan bulat, dan menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan bilangan bulat. Data penelitian yang dikumpul dianalisis melalui triangulasi data dan interpretasi silang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian validator, RPP yang dirancang memenuhi kriteria sangat valid dengan rata-rata 89,17% begitu juga dengan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dengan rata-rata 90,56%. Berdasarkan hasil validasi oleh validator dan ujicoba dikelas sebanyak 3 kali maka, penelitian ini menghasilkan alur pembelajaran untuk topik bilangan bilangan bulat dengan pendekatan RME yang memenuhi karakteristik valid baik dari segi isi maupun dari segi konstruk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 28 Sep 2022 04:22
Last Modified: 28 Sep 2022 04:22
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10974

Actions (login required)

View Item View Item