KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK YANG BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS- ENDS ANALYSIS (MEA) DI KELAS VIII SMPN 4 KOTA SOLOK TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Resni Malju Fera, Resni (2019) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK YANG BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS- ENDS ANALYSIS (MEA) DI KELAS VIII SMPN 4 KOTA SOLOK TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Archive
3. COVER PENGESAHAN DAN ABSTRAK.zip - Published Version

Download (733kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (572kB)
[img] Text
5. BAB II LANDASAN TEORI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (615kB)
[img] Text
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[img] Text
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (93kB)
[img] Text
9. DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (153kB)
[img] Archive
10. SKRIPSI FULL PDF.zip - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII SMP N 4 Kota Solok Tahun Pelajaran 2018/2019. Salah satu penyebabnya karena model pembelajaran yang digunakan belum mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Untuk itu diterapkan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) lebih tinggi dari pada kemampuan pemecahan masalah matematis dengan menerapkan pembelajaran langsung di kelas VIII SMPN 4 Kota Solok Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Quasy Experiment dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP N 4 Kota Solok tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 168 orang. Teknik pengambilan sampel berupa random sampling dengan sampel terpilih adalah peserta didik kelas VIII.D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.F sebagai kelas kontrol yang terlebih dahulu ditentukan melalui uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata. Adapun instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan hasil tes, diperoleh nilai rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 80,00 dan 74,18. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t. Dari hasil perhitungan diperoleh t_hitung= 1,727 dan t_tabel = 1,645, dengan demikian t_hitung > t_tabel. Hal ini menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) lebih tinggi dari pada kemampuan pemecahan masalah matematis dengan menerapkan pembelajaran langsung di kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Solok Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 28 Sep 2022 04:11
Last Modified: 28 Sep 2022 04:11
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10973

Actions (login required)

View Item View Item