PENGARUH KEMAMPUAN NUMERIK DAN VERBAL KEMAMPUAN PEMECAHAN MAS DIDIK KELAS XI Diajukan kepada Fakultas Tarbiyah dan Satu Syarat dalam Memperol PROGRAM STUDI TADRIS MATEMATIKA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN TERHADAP MASALAH MATEMATIS PESERTA MAS TARBIYAH ISLAMIYAH BAYUR

RAHMAT, ARRAHMAN (2022) PENGARUH KEMAMPUAN NUMERIK DAN VERBAL KEMAMPUAN PEMECAHAN MAS DIDIK KELAS XI Diajukan kepada Fakultas Tarbiyah dan Satu Syarat dalam Memperol PROGRAM STUDI TADRIS MATEMATIKA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN TERHADAP MASALAH MATEMATIS PESERTA MAS TARBIYAH ISLAMIYAH BAYUR. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Rahmat Arrahman_1814040023_Cover,dll - Rahmat Arrahman.pdf

Download (697kB)
[img] Text
Rahmat Arrahman_1814040023_Bab 1 - Rahmat Arrahman.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Rahmat Arrahman_1814040023_Bab 2 - Rahmat Arrahman.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Rahmat Arrahman_1814040023_Bab 3 - Rahmat Arrahman.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Rahmat Arrahman_1814040023_Bab 4 - Rahmat Arrahman.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
Rahmat Arrahman_1814040023_Bab 5-Daftar Pustaka - Rahmat Arrahman.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Rahmat Arrahman_1814040023_Fulltext - Rahmat Arrahman.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh kemampuan numerik dan verbal terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas XI MAS Tarbiyah Islamiyah Bayur. Latar belakang penelitian ini adalah belum dilakukannya kajian tentang pengaruh kemampuan numerik dan verbal terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan kemampuan numerik dan verbal terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas XI MAS Tarbiyah Islamiyah Bayur. Penelitian ini merupakan kuantitatif jenis ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas XI MAS Tarbiyah Islamiyah Bayur dengan jumlah peserta didik 25 orang. Sampel dipilih dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dengan instrumen yang digunakan adalah soal tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang meliputi analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian diperoleh bahwa (1) Kemampuan numerik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Diperoleh rata-rata 78,32 dengan koefisien korelasi sebesar 0,874, berarti antara kemampuan numerik dengan kemampuan pemecahan masalah matematis terdapat hubungan yang sangat kuat dengan koefisien determinasi sebesar 0,763. (2) Kemampuan Verbal berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Diperoleh rata-rata 80,92 dengan koefisien korelasi sebesar 0,922, berarti antara kemampuan verbal dengan kemapuan pemecahan masalah matematis terdapat hubungan yang sangat kuat dengan koefisien determinasi sebesar 0,851. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kemampuan numerik dan kemampuan verbal. Koefisien korelasi sebesar 0,941, berarti secara bersamasama antara kemampuan numerik dan verbal dengan kemapuan pemecahan masalah matematis terdapat hubungan yang sangat kuat dengan koefisien determinasi sebesar 0,885. Kata Kunci : Kemampuan Numerik, Kemampuan Verbal, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 27 Sep 2022 08:03
Last Modified: 27 Sep 2022 08:03
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10958

Actions (login required)

View Item View Item