PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI PEMBAHASAN SOAL MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK DI SMAN 1 SUNGAI GERINGGING

YEYEL, AZIZI TAQIYYAH (2022) PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI PEMBAHASAN SOAL MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK DI SMAN 1 SUNGAI GERINGGING. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Yeyel_Azizi_Taqiyyah_1714040043_Bab I - Yeyel Azizi Taqiyyah.pdf

Download (859kB)
[img] Text
Yeyel_Azizi_Taqiyyah_1714040043_Bab II - Yeyel Azizi Taqiyyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (673kB)
[img] Text
Yeyel_Azizi_Taqiyyah_1714040043_Bab III - Yeyel Azizi Taqiyyah.pdf

Download (748kB)
[img] Text
Yeyel_Azizi_Taqiyyah_1714040043_Bab IV - Yeyel Azizi Taqiyyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (915kB)
[img] Text
Yeyel_Azizi_Taqiyyah_1714040043_Bab V-Daftar Pustaka - Yeyel Azizi Taqiyyah(1).pdf

Download (615kB)
[img] Text
Yeyel_Azizi_Taqiyyah_1714040043_Fulltext - Yeyel Azizi Taqiyyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Latar belakang penelitian adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas X.MIA SMAN 1 Sungai Geringging. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik adalah dengan menggunakan video animasi pembahasan soal matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan video animasi pembahasan soal matematika lebih tinggi daripada peserta didik yang belajar dengan pembelajaran biasa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi-experimental research) dengan desain penelitian randomized control group only design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X.MIA SMAN 1 Sungai Geringging Tahun Ajaran 2021/2022. Untuk mendapatkan sampel menggunakan random sampling, maka terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, uji homogenitas dan uji kesamaan rata-rata. Kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas X.MIA.2 dan kelas kontrol adalah kelas X.MIA.3. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik adalah tes kemampuan pemecahan masalah yang diberikan kepada kedua kelas sampel sebanyak 5 soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil tes yang telah dilakukan, diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas eksperimen 79,14 sedangkan rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas kontrol adalah 71,39. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t dengan pada selang kepercayaan 95% diperoleh maka keputusannya ditolak dan diterima, artinya kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang belajar menggunakan video animasi pembahasan soal matematika lebih tinggi dari pada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan pembelajaran biasa di kelas X.MIA SMAN 1 Sungai Geringging tahun pelajaran 2021/2022. Kata Kunci : Media Video Animasi, Kemampuan Pemecahan Masalah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 27 Sep 2022 07:27
Last Modified: 27 Sep 2022 07:27
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10952

Actions (login required)

View Item View Item