PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL RECIPROCAL TEACHING (RT) DENGAN MODEL AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR) KELAS VIII SMP N 6 KOTA SOLOK

Puji Astuti (2019) PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL RECIPROCAL TEACHING (RT) DENGAN MODEL AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR) KELAS VIII SMP N 6 KOTA SOLOK. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
1 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (568kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (155kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (434kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (96kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

enelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep peserta didik kelas VIII SMP N 6 Kota Solok tahun pelajaran 2018 / 2019. Hal ini dikarenakan model yang digunakan belum memperbaiki kemampuan pemahaman konsep, maka diterapkanlah model pembelajaran Reciprocal Teaching (RT) dengan Auditory Intellectualy Repetition (AIR). Tujuan penelitian ini adalah “Untuk mengetahui : (1) kemampuan pemahaman konsep yang diajar menggunakan model Reciprocal Teaching (RT) lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran biasa, (2) kemampuan pemahaman konsep yang diajar menggunakan model Auditory Intellectualy Repetition (AIR) lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran biasa, (3) apakah ada perbedaan kemampuan pemahaman konsep yang diajar menggunakan Reciprocal Teaching (RT) dengan model Auditory Intellectualy Repetition (AIR) ”. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment dan rancangan penelitian yang digunakan adalah Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP N 6 Kota Solok. Teknik pengambilan sampel random sampling. Diperoleh kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen I (RT), kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen II (AIR), dan kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol (pembelajaran biasa). Instrumen yang digunakan berupa tes matematika kemampuan pemahaman konsep. Waktu penelitian ini dimulai tanggal 20 November 2018 - 22 Desember 2018 di SMP N 6 Kota Solok tahun ajaran 2018/2019 semester ganjil. Berdasarkan hasil perlakuan yang telah diberikan diperoleh nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep peserta didik dengan model Reciprocal Teaching (RT) 81,66, dengan model Auditory Intellectualy Repetition (AIR) 77,75, dan pembelajaran biasa 73,91. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh (1) t hitung = 2,04 dan t tabel = 1,99 dengan taraf kepercayaan 95%. Ini berarti t hitung > t tabel Perbandingan Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Yang Diajar Menggunakan Model Reciprocal Teaching (RT) Dengan Model Auditory Intellectualy Repetition (AIR) Kelas VIII SMP N 6 Kota Solok. , hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima artinya peserta didik dengan menerapkan model Reciprocal Teaching (RT) lebih baik daripada dengan pembelajaran biasa, (2) t hitung = 4,22 dan t tabel i = 1,99 berarti t hitung > t tabel menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) lebih baik daripada dengan pembelajaran biasa, (3) t hitung = 2,36 dan t tabel = 1,67 berarti t hitung > t tabel menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang belajar dengan model Reciprocal Teaching (RT) dengan Auditory Intellectualy Repetition (AIR). Sehingga dapat disimpulkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang belajar dengan model Reciprocal Teaching (RT) dengan Auditory Intellectualy Repetition (AIR) terdapat berbedaan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 27 Sep 2022 04:17
Last Modified: 27 Sep 2022 04:17
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10944

Actions (login required)

View Item View Item