BAURAN PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH DI KOPERASI SIMPAN PINJAM PEMBIAYAAN SYARIAH (KSPPS) BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) KUBU DALAM PARAK KARAKAH KOTA PADANG

ASTRI, NELFIA (2022) BAURAN PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH DI KOPERASI SIMPAN PINJAM PEMBIAYAAN SYARIAH (KSPPS) BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) KUBU DALAM PARAK KARAKAH KOTA PADANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text
Astri Nelfia_1712030079_BAB I - Astri Nelfia.pdf

Download (314kB)
[img] Text
Astri Nelfia_1712030079_BAB III - Astri Nelfia.pdf

Download (180kB)
[img] Text
Astri Nelfia_1712030079_BAB V - Astri Nelfia.pdf

Download (141kB)
[img] Text (Bab II)
Astri Nelfia_1712030079_BAB II - Astri Nelfia.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (776kB)
[img] Text (Bab IV)
Astri Nelfia_1712030079_BAB IV - Astri Nelfia.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Astri Nelfia_1712030079_Cover,dll - Astri Nelfia.pdf

Download (4MB)
[img] Text (Fulltext)
Astri Nelfia_1712030079_fulltext - Astri Nelfia.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Bauran Pemasaran Produk Pembiayaan Murabahah di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Kubu Dalam Parak Karakah Kota Padang disusun oleh Astri Nelfia, NIM: 1712030079 Jurusan Manaejmen Dakwah Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, UIN Imam Bonjol Padang. Adapun latar belakang masalah penelitian ini adalah terjadinya penurunan jumlah nasabah produk pembiayaan murabahah di KSPPS BMT Kubu Dalam Parak Karakah Kota Padang dari tahun 2018-2020. Hal ini dikarenakan kurang maksimalnya penerapan bauran pemasaran dan banyaknya pesaing yang bermunculan. Berdasarkan kenyataan tersebut terdapat kesenjangan antara teori dengan fakta dimana seharusnya bauran pemasaran ini dapat menjadi alat guna mencapai tujuan pemasaran yaitu mendapatkan respon yang diinginkan pasar sasaran. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bauran produk, harga, tempat, promosi, orang, sarana fisik dan proses produk pembiayaan murabahah di KSPPS BMT Kubu Dalam Parak Karakah Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data pimer yaitu ketua pengurus, bendahara, manajer, pembukuan dan data sekunder yaitu dokumentasi atau arsip. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan dan diperlukan penulis melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan, (1) bauran produk pembiayaan murabahah yang diterapkan ialah motto yaitu semua produk memakai motto lembaga, menciptakan merek dengan memberikan nama pada produk pembiayaan murabahah, menciptakan kemasan dengan memberikan pelayanan yang memuaskan nasabah dan menyediakan slip pembayaran angsuran. (2) harga yang ditetapkan berdasarkan ketetapan PINBUK, Harga yang ditetapkan ini memiliki pesaing yaitu KUR yang mengambil keuntungan lebih rendah. (3) tempat yang dilakukan yaitu dengan mendatangi secara langsung sekolah-sekolah dan istansi untuk mensosialisasikan produk yang ada. (4) promosi yang dilakukan melalui 4 (empat) bentuk, (a) iklan melalui brosur itupun hanya sekali dan tidak ada pencetakan ulang kembali, (b) promosi penjualan dengan memberikan diskon kepada nasabah yang melunasi angsuran pembiayaan jauh sebelum jatuh tempo dan memberikan paket lebaran namun masih banyak pesaing yang melakukan promosi lebih gencar seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR), BTPN, PNPM, PNM Mekaar juga menjadi kendala dalam memasarkan produk, (c) publisitas yaitu kegiatan pemasaran melaui event, majelis taklim dan lain sebagainya, (d) penjualan pribadi dilakukan oleh seluruh karyawan dengan cara pendekatan langsung kepada nasabah. (5) orang melalui perekrutan calon karyawan dengan berbagai kriteria dan dalam meningkatkan kemampuan dan keahlian karyawan diadakan pelatihan seperti trining dan workshop. (6) sarana fisik yang disediakan oleh KSPPS BMT Kubu Dalam Parak Karakah Kota Padang yaitu pelayanan yang baik kepada nasabah dan ruang tunggu sederhana dengan 2 kursi untuk kenyamanan nasabah dan fasilitas lainnya seperti 2 komputer dan 2 laptop sebagai penunjang dalam melayani nasabah. (7) proses di KSPPS BMT Kubu Dalam Parak Karakah Kota Padang dengan cara proses yang cepat, pelayanan yang baik sehingga tidak merugikan kedua belah pihak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Lusi Ismail Lusi
Date Deposited: 27 Sep 2022 02:31
Last Modified: 27 Sep 2022 02:31
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10933

Actions (login required)

View Item View Item