PENERAPAN MODEL KOOPERATIF METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) DENGAN PETA KONSEP DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN 2 KOTA PARIAMAN

Nofia Sari, Nifia (2019) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) DENGAN PETA KONSEP DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN 2 KOTA PARIAMAN. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
B. cover, pembimbing dan abtrak.pdf - Published Version

Download (176kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (129kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (670kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (34kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (32kB)
[img] Text
gabungan sari baru.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII MTsN 2 Kota Pariaman yang rendah. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar matematika peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah adalah 72 berkomunikasi dalam bahasa matematika yang tepat. Salah satu usaha yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif metode student facilitator and explaining pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Apakah kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif metode student facilitator and explaining lebih baik dari pada kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif metode student facilitator and explaining lebih baik dari pada kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian Quasy Experiment dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.1 sampai VIII.6 MTsN 2 Kota Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019 sebanyak enam lokal (207 orang). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Random Sampling. Sampel yang terpilih adalah peserta didik kelas VIII.4 (kelas kontrol) dan peserta didik kelas VIII.3 (kelas eksperimen). Penarikan sampel tersebut dari data yang normal, homogen dan memiliki rata-rata yang sama. Instrumen yang digunakan adalah tes dalam bentuk soal kemampuan komunikasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil tes akhir peserta didik kelas eksperimen adalah 75,77 sedangkan rata-rata hasil tes akhir peserta didik kelas kontrol adalah 68,26. Analisis data hasil tes akhir dilakukan melalui uji hipotesis yang menggunakan uji-t. Setelah dilakukan perhitungan diperoleh t = 2,065 dan t tabel tabel = 1,645 dengan taraf kepercayaan 95%. Ini berarti t , hal ini menunjukkan bahwa hipotesis H i 1 hitung yang diajukan diterima dan H ditolak. Dapat disimpulkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif metode student facilitator and explaining lebih baik dari pada kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 27 Sep 2022 01:58
Last Modified: 27 Sep 2022 01:58
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10930

Actions (login required)

View Item View Item