PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING KELAS VIII SEMESTER I SMP N 2 KOTO BALINGKA

Musliana, Musliana (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING KELAS VIII SEMESTER I SMP N 2 KOTO BALINGKA. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Coverdkk.pdf - Published Version

Download (268kB)
[img] Text
BAB 1SIAP SD.pdf - Published Version

Download (423kB)
[img] Text
BAB 2 SIAP SD.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)
[img] Text
BAB 3 SIAP SD.pdf - Published Version

Download (395kB)
[img] Text
BAB 4 SIAP SD.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (734kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (103kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (235kB)
[img] Text
Skripsi Lengkap1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya LKPD dengan model discovery learning. LKPD yang digunakan peserta didik hanya berfokus pada penguasaan materi secara teoritis, sehingga peserta didik kurang terlibat langsung dalam menemukan konsep matematika. Untuk itu perlu dikembangkan suatu Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan model discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik dengan model discovery learning pada materi teorema pythagoras kelas VIII SMP/MTs yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D yang dikemukakan oleh Thiangarajan (1974) yang terdiri dari empat tahap pengembangan yaitu define, design, develop dan disseminate. Penelitian ini dibatasi hanya sampai tahap develop. Tahap define terdiri dari analisi kurikulum, analisis konsep, analisis peserta didik, dan spesifikasi tujuan. Tahap design terdiri dari perancangan LKPD, perancangan instrumen penelitian, dan validasi instrumen penilaian LKPD. Tahap develop terdiri dari uji validitas, uji praktikalitas, dan wawancara dengan pendidik dan peserta didik. Data dianalisis dengan teknik persentase dan diolah secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian ahli, LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid oleh para ahli dengan rata rata 88,82%. Berdasarkan pada hasil observasi keterlaksanaan LKPD, pengisian angket uji praktikalitas LKPD oleh pendidik dan peserta didik, serta wawancara dengan peserta didik, menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan sudah praktis untuk digunakan pada pembelajaran matematika materi teorema pythagoras dengan rata-rata 84,72% oleh pendidik dan 88,98% oleh peserta didik. Kata Kunci: Pengembangan, LKPD ( Lembar Kerja Peserta Didik), Discovery Learning, Teorema Pythagoras.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 27 Sep 2022 01:46
Last Modified: 27 Sep 2022 01:46
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10928

Actions (login required)

View Item View Item