ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING KELAS VIII MTsN 1 PADANG PARIAMAN

Mela Astuti, Mela (2019) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING KELAS VIII MTsN 1 PADANG PARIAMAN. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
2. cover, persetujuan dan abstrak.pdf - Published Version

Download (537kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf - Published Version

Download (379kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf - Published Version

Download (395kB)
[img] Text
7. BAB V.pdf - Published Version

Download (114kB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (172kB)
[img] Text
9. Gabungan File.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VIII MTsN 1 Padang Pariaman terutama dalam menyelesaikan soal cerita masih rendah. Salah satu penyebabnya strategi yang digunakan belum optimal dan belum pernah dilakukan analisis mendalam terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Cara yang dapat dilakukan pendidik adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran problem solving, kemudian dilakukan analisis dengan menerapkan langkah-langkah pemecahan masalah Polya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang belajar dengan strategi pembelajaran problem solving berdasarkan langkah-langkah Polya dalam menyelesaikan soal cerita. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII.1 yang terdaftar pada semester 1 Tahun Ajaran 2018/2019. Subjek penelitian yang dijadikan sumber data kualitatif terdiri dari 8 orang peserta didik yang rendah kemampuan pemecahan masalahnya, yaitu 2 peserta didik dari kelompok berkemampuan tinggi, 4 peserta didik dari kelompok berkemampuan sedang, dan 2 peserta didik dari kelompok berkemampuan rendah. Data kualitatif ini diperoleh dari hasil kerja atau lembar jawaban peserta didik yang didapat dari tes yang telah diberi skor oleh pendidik. Hasil penelitian menunjukkan 25% peserta didik memiliki tingkat kemampuan tinggi, 50% kemampuan menengah, dan 25% tingkat kemampuan rendah. Peserta didik sudah mampu menyelesaikan soal cerita sesuai dengan langkah Polya. Adapun empat langkah Polya yaitu: a) Memahami masalah ( ). Pada tahap memahami masalah sudah dilakukan peserta didik dengan baik, dengan menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan pada soal. b) Menyusun rencana ( ). Tahap menyusun rencana ini sudah dilakukan peserta didik dengan baik tetapi beberapa peserta didik dengan tingkat kemampuan rendah mengalami sedikit kesulitan pada tahap ini. c) Melaksanakan rencana ( ). Pada langkah melaksanakan rencana penyelesaian sudah dilakukan peserta didik, tetapi peserta didik berkemampuan menengah dan rendah masih mengalami kesulitan. d) Mengecek kembali ( ). Pada tahap mengecek kembali peserta didik dengan kemampuan tinggi sedikit mengalami kesulitan, sedangkan peserta didik dengan kemampuan menengah dan rendah tidak mampu melakukannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 26 Sep 2022 04:09
Last Modified: 26 Sep 2022 04:09
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10919

Actions (login required)

View Item View Item