ANALISI KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL KONEKSI MATEMATIS KELAS XI IPA MAN KOTA PARIAMAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Leni Marlina, Leni (2019) ANALISI KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL KONEKSI MATEMATIS KELAS XI IPA MAN KOTA PARIAMAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Coverdkk.pdf - Published Version

Download (616kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (677kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (546kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (100kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (183kB)
[img] Text
Skripsi Lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas XI IPA MAN Kota Pariaman. Hal ini disebabkan karena sebagian besar peserta didik kesulitan menyelesaikan soal matematika. Salah satu jenis kesulitan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal adalah peserta didik kesulitan dalam koneksi matematis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami peserta didik dan faktor penyebab kesulitan peserta didik dalam menjawab soal koneksi matematika kelas XI IPA MAN Kota Pariaman. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA 2 yang terdaftar pada semester I tahun pelajaran 2018/2019. Sumber penelitian yang dijadikan sumber data kualitatif terdiri 6 peserta didik yang dibedakan berdasarkan kemampuan koneksi matematis. Subjek penelitian ini terdiri dari 2 peserta didik dari aspek 1 (koneksi antar topik matematika), 2 orang peserta didik dari aspek 2 (koneksi matematika dengan disiplin ilmu lain), 2 orang peserta didik dari aspek 3 (koneksi matematika dengan masalah dalam kehidupan sehari-hari). Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan wawancara. Waktu penelitian dimulai tanggal 22 − 31 Oktober 2018 di MAN Kota Pariaman tahun pelajaran 2018/2019 semester ganjil. Teknik analisis data dilakukan dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan-kesulitan peserta didik dalam menjawab soal koneksi matematikanya yaitu (1) kurang memahami konsep matematika yang telah dipelajari (2) kesulitan mengaitkan konsep matematika yang telah diketahui sebelumnya dalam menyelesaikan soal (3) kesulitan menggunakan prinsip pertidaksamaan dalam menggambarkan grafik daerah penyelesaian (4). Kurang menguasai prosedur dalam menyelesaikan masalah verbal atau soal cerita. Faktor penyebab kesulitan belajar matematika meliputi; kesulitan memahami maksud soal, kurang memahami konsep; kesulitan dalam menghitung; kecerobohan atau kurang teliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 26 Sep 2022 03:05
Last Modified: 26 Sep 2022 03:05
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10914

Actions (login required)

View Item View Item