PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN 6 PESISIR SELATAN

Indri Eka Yulia Sari, Indri (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN 6 PESISIR SELATAN. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Cover dkk.pdf - Published Version

Download (76kB)
[img] Text
7. BAB I OK.pdf - Published Version

Download (91kB)
[img] Text
8. BAB II OK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
9. BAB III OK.pdf - Published Version

Download (598kB)
[img] Text
10. BAB IV OK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] Text
11. BAB V OK.pdf - Published Version

Download (21kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (27kB)
[img] Text
Skripsi lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik di MTsN 6 Pesisir Selatan masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari Nilai Ujian Tengah Semester II peserta didik kelas VII yang sebagian besar masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan oleh pendidik belum dapat mengaktifkan peserta didik dalam belajar sehingga menyebabkan rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik. Untuk itu, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas belajar serta kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang tidak diajar dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experimental research dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTsN 6 Pesisir Selatan yang terdapat 4 kelas yang berjumlah 115 peserta didik. Untuk mendapatkan kelas sampel menggunakan teknik random sampling. Diperoleh peserta didik kelas VIII.4 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematika. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 5 kali pertemuan, pertemuan pertama proses pembelajaran masih belum terlaksana dengan baik, sebanyak 50% peserta didik yang ikut serta mengerjakan LKPD. Pertemuan kedua proses pembelajaran sudah terlaksana dengan baik dan meningkat, sebanyak 70% peserta didik yang ikut serta mengerjakan LKPD. Pada pertemuan ketiga dan ke empat proses pembelajaran cenderung meningkat, sebanyak 90% peserta didik sudah mengerjakan LKPD. Pada pertemuan kelima dilakukan tes belajar. Berdasarkan tes belajar diperoleh rata-rata nilai tes kelas eksperimen 82,32 dan nilai rata-rata tes pada kelas kontrol 69,82. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis denganmenggunakan uji-t, diperoleh t hitung >t (4,3955>1,6445)dengan αi=i0,05 pada taraf kepercayaan 95%, maka keputusannya adalah H tabel i 0 ditolak dan H diterima. Artinya kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining lebih tinggi dari pada kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 26 Sep 2022 02:34
Last Modified: 26 Sep 2022 02:34
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10908

Actions (login required)

View Item View Item