PELAKSANAAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS X SMA N 1 X KOTO DIATAS SULIT AIR

DIRGA, JAYA AMRI (2022) PELAKSANAAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS X SMA N 1 X KOTO DIATAS SULIT AIR. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Dirga Jaya Amri_1514040032_Cover,dll_1 - Dirga Jaya Amri.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Dirga Jaya Amri_1514040032_BAB I - Dirga Jaya Amri.pdf

Download (855kB)
[img] Text
Dirga Jaya Amri_1514040032_BAB II - Dirga Jaya Amri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (955kB)
[img] Text
Dirga Jaya Amri_1514040032_BAB III - Dirga Jaya Amri.pdf

Download (875kB)
[img] Text
Dirga Jaya Amri_1514040032_BAB IV - Dirga Jaya Amri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (895kB)
[img] Text
Dirga Jaya Amri_1514040032_BAB V_ Daftar Pustaka - Dirga Jaya Amri.pdf

Download (867kB)
[img] Text
Dirga Jaya Amri_1514040032_FULLTEXT - Dirga Jaya Amri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perubahan pelaksanaan pembelajaran dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran online akibat pandemi covid-19 khususnya pada mata pelajaran matematika kelas X di SMA N 1 X Koto Diatas. Oleh sebab itu dipilihlah blended learning sebagai alternatif pelaksanaan pembelajaran. Tujuan peneltian ini adalah (1) Untuk mengetahui tahap perencanaan blended learning. (2) Untuk mengetahui tahap pelaksanaan blended learning. (3) Untuk mengetahui tahap evaluasi blended learning oleh pendidik kelas X SMA N 1 X Koto Diatas. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, pendidik matematika, dan peserta didik SMA N 1 X Koto Diatas. Objek penelitian ini adalah tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi blended learning. Pengumpulan data penelitian ini didapatkan melalui: (1) wawancara kepada kepala sekolah, pendidik, dan peserta didik. (2) studi dokumentasi (RPP, media, sumber belajar, dan lembaran evaluasi peserta didik). . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Dalam merencanakan pembelajaran blended lerning tersebut pendidik matematika kelas X SMA N 1 X Koto Diatas menyiapkan Whatsapp group kelas dan video pembelajaran sebagai media yang digunakan, kemudian RPP sederhana sesuai dengan aturan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2) Dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, pembelajaran dilaksanakan 75 % secara online dan 25% secara tatap muka, dimana saat pelaksanaan online pendidik menyampaikan materi melalui video pembelajaran. Untuk pemberian tugas dibeikan melalui Whatsapp group dan penjemputan ke sekolah. Adapun pelaksanaan pembelajaran tatap muka harus mematuhi protokol kesehatan dimana jumlah peserta didik dibatasi dan waktu pembelajaran tidak lebih dari 90 menit. Pelaksanaan pembelajaran tatap muka bertujuan untuk mengkonfirmasi pelajaran matematika di saat pembelajaran online. (3) Dalam melakukan evaluasi, pendidik menilai pengetahuan peserta didik dari hasil tugas, ulangan harian, dan remedial. Pelaksanaan ulangan harian dan remedial selaras dengan pemberian tugas dimana penyampaian dapat melalui Whatsapp group atau penjemputan lembaran soal ke sekolah. Pada penilaian sikap pendidik dapatkan dari pemeriksaan kelengkapan tugas dan kehadiran peserta didik selama pembelajaran. Adapun penilaian keterampilan terbatas pada pengamatan singkat pendidik ketika pelaksanaan pembelajaran tatap muka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 26 Sep 2022 01:55
Last Modified: 26 Sep 2022 01:55
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10901

Actions (login required)

View Item View Item