PENGEMBANGAN HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY (HLT) MATEMATIKA BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI BILANGAN PECAHAN KELAS VII

Ika Wahyuni, Ika (2019) PENGEMBANGAN HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY (HLT) MATEMATIKA BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI BILANGAN PECAHAN KELAS VII. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
2 cover, persetujuan pembimbing dan abstrak.pdf - Published Version

Download (289kB)
[img] Text
3 BAB I.pdf - Published Version

Download (324kB)
[img] Text
4 BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (569kB)
[img] Text
5 BAB III.pdf - Published Version

Download (170kB)
[img] Text
6 BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
7 BAB V.pdf - Published Version

Download (94kB)
[img] Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (123kB)
[img] Text
9 full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Bilangan pecahan merupakan salah satu materi ajar di SMP/MTs kelas VII yang sangat mengedepankan kemampuan berpikir. Bilangan pecahan ini merupakan materi yang kontekstual dan sangat dekat dengan kehidupan seharihari. Pecahan merupakan salah satu materi penting dalam pembelajaran aljabar yang digunakan untuk mempelajari materi yang lain. Keberhasilan materi yang disampaikan pendidik dipengaruhi oleh berbagai pelaku yang terlibat didalamnya, khususnya keefektifan seorang pendidik dalam mengelola lingkungan belajarnya. Peningkatan kualitas pendidikan diperlukan sebagai alat ukur dalam mencapai tingkat keberhasilan pendidikan yang lebih baik. Pengajaran bilangan pecahan yang terfokus pada prosedur formal, tidak akan mampu mengarahkan siswa mengembangkan kemampuan bernalarnya dalam penemuan konsep itu sendiri dan hubungannya dengan pengalaman sehari-hari. Oleh karena itu, diperlukan aktivitas belajar yang mampu mengarahkan peserta didik dalam memahami konsep pecahan. Peneliti merancang 7 aktivitas pembelajaran untuk mencapai 4 tujuan pembelajaran menggunakan pendekatan RME.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian desain (design research), design research dipilih sebagai jenis penelitian untuk mencapai tujuan tersebut. Penelitian didesain melalui pembelajaran materi bilangan pecahan. Tahapan penelitian dengan persiapan percobaan (preparing for the experiment), percobaan ruang kelas (classroom experiment), dan analisis retrospektif (retrospective analysis). Penelitian ini menghasilkan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) yang memuat serangkain pembelajaran. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli sampai September 2018 di SMPN 1 Timpeh. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Subjek uji coba kelompok kecil terdiri dari 4 orang siswa kelas VII dan subjek uji coba kelompok besar terdiri dari 25 orang siswa kelas VII serta satu orang pendidik di SMPN 1 Timpeh. Data dikumpulkan melalui lembar aktivitas peserta didik, video, catatan lapangan, dan wawancara. Data dianalisis dengan cara membandingkan rancangan HLT awal yang telah divalidasi dengan apa yang terjadi selama proses pembelajaran. Berdasarkan data yang diperoleh hasil menunjukkan aktivitas pembelajaran yang di berikan dapat mendukung pemahaman peserta didik terhadap pemahanan konsep pecahan itu sendiri dari tahap informal kepada tahap formal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 23 Sep 2022 08:13
Last Modified: 23 Sep 2022 08:13
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10893

Actions (login required)

View Item View Item