Nisail Mardiah, Diah (2018) Pengembangan Modul Matematika Berbasis Realistic Mathematics Education Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP N 4 Batang Anai. Skripsi thesis, UIN IB Padang.
|
Text (cover dan abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version Download (135kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (547kB) |
||
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (662kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (670kB) |
||
Text (BAB IV)
bab IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (168kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (235kB) | Preview |
|
Text (FILE GABUNGAN)
file gabungan.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Nisail Mardiah : NIM. 1314040232 Pengembangan Modul Matematika Berbasis Realistic Mathematics Education Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel SMP Kelas VIII Buku sebagai sumber belajar yang seharusnya dapat membantu dan mempermudah peserta didik dalam belajar masih memiliki beberapa kekurangan. Diantaranya buku teks belum menyediakan soal yang bervariasi dan terstruktur dengan baik untuk peserta didik. Pada kenyataannya pendidik di sekolah sering hanya berpatokan pada buku teks sebagai sumber belajar. Salah satu cara yang dilakukan untuk melengkapi kekurangan buku teks adalah dengan merancang sebuah modul. Modul menyediakan soal yang terstruktur dengan baik dan cukup bervariasi. Modul dibuat dengan menggunakan pendekatan Realistic Matematics Education (RME). Karena peserta didik kelas VIII SMP masih termasuk pada tahap perkembangan intelektual yang memerlukan pengalaman langsung dengan konteks dunia nyata dalam memahami sesuatu. Berdasarkan hal itu dilakukan penelitian pengembangan modul matematika berbasis RME pada materi sistem persamaan linear dua variabel untuk peserta didik kelas VIII. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan modul matematika berbasis RME yang memenuhi kriteria valid dan 2) menghasilkan modul matematika berbasis RME yang memenuhi kriteria praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D dikemukakan oleh S. Thiagarajan (1974) yang terdiri dari empat tahapan pengembangan yaitu define, design, develop dan disseminate. Penelitian ini hanya sampai tahap define, design dan develop. Tahap define terdiri dari : a) wawancara b) analisis kurikulum c) analisis konsep d) analisis peserta didik e) spesifikasi tujuan. Tahap design terdiri dari : a) perancangan modul b) perancangan instrumen dan validasi instrumen penilain modul. Tahap develop terdiri dari : a) tahap valditas dan b) tahap praktikalitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian validator, modul ysng dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dengan rata-rata 81,17%. Berdasarkan pada hasil pengisian angket praktikalitas untuk pendidik, angket respon peserta didik, dan wawancara dengan peserta didik menunjukkan bahwa modul dikembangkan sangat praktis digunakan pada pembelajaran matematika materi sistem persamaan linear dua variabel dengan rata-rata 92,00% oleh pendidik dan 77,76% oleh peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) > D880 Developing Countries |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Tadris > Tadris Matematika |
Depositing User: | Users 28 not found. |
Date Deposited: | 14 Nov 2018 02:31 |
Last Modified: | 14 Nov 2018 02:32 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1089 |
Actions (login required)
View Item |