UPAYA REMAJA MENGATASI RASA RENDAH DIRI AKIBAT PERCERAIAN ORANG TUA DI KENAGARIAN PADANG XI PUNGGASAN KECAMATAN LINGGO SARI BAGANTI KABUPATEN PESISIR SELATAN

VISTA APRILIA, KASRAN (2022) UPAYA REMAJA MENGATASI RASA RENDAH DIRI AKIBAT PERCERAIAN ORANG TUA DI KENAGARIAN PADANG XI PUNGGASAN KECAMATAN LINGGO SARI BAGANTI KABUPATEN PESISIR SELATAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text
Vista Aprilia Kasran_1712020077_Bab I - vista aprilia.pdf

Download (576kB)
[img] Text (Bab II)
Vista Aprilia Kasran_1712020077_Bab II - vista aprilia.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (829kB)
[img] Text
Vista Aprilia Kasran_1712020077_Bab III - vista aprilia.pdf

Download (231kB)
[img] Text (Bab IV)
Vista Aprilia Kasran_1712020077_Bab IV - vista aprilia.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)
[img] Text
Vista Aprilia Kasran_1712020077_Bab V-Daftar Pustaka - vista aprilia.pdf

Download (434kB)
[img] Text
Vista Aprilia Kasran_1712020077_Cover,dll - vista aprilia.pdf

Download (996kB)
[img] Text (Fulltext)
Vista Aprilia Kasran_1712020077_Fulltext - vista aprilia.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Upaya Remaja Mengatasi Rasa Rendah Diri Akibat Perceraian Orang Tua di Kenagarian Padang XI Punggasan Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan” disusun oleh Vista Aprilia Kasran dengan NIM : 1712020077, Jurusan Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh Dilihat dari keluarganya yang utuh atau tidak mengalami perceraian orang tua remaja lebih ceria, aktif, dan juga mereka memperoleh pendidikan yang layak, karena keutuhan sebuah keluarga sangat berpengaruh terhadap perkembangan diri remaja. Perceraian mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan jiwa dan pendidikan remaja, terutama anak usia sekolah dasar dan remaja. Diantaranya dapat menyebabkan remaja bersikap pendian dan rendah diri, sedih, dan merasa kehilangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya remaja mengatasi rasa rendah diri murni dan tertutup akibat perceraian orang tua, dan untuk mengetahui bagaimana mengatasi rasa rendah diri tertutup anak akibat percaraian orang tua, dan untuk mengetahui analisis temuan penelitian dari sisi Bimbingan Konseling Islam Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu berusaha menggambarkan keadaan peristiwa atau kejadian yang terjadi pada masa sekarang berdasarkan fakta-fakta yang terlihat sebagaimana adanya. Subjek penelitian ini adalah remaja yang merasa rendah diri akibat perceraian orang tua di Kenagarian Padang XI Punggasan, teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan atau kriteria tertentu. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa : (1) Rasa rendah diri murni remaja akibat perceraian orang tua. Untuk mengatasi rasa rendah diri murni yang di alami, anak berusaha untuk berpikir dan menyadari bahwa apapun yang terjadi itu sudah menjadi takdir, setiap manusia mempunyai kelebihan dan kekurangan, tidak ada manusia yang tidak memliki kekurangan, berusaha untuk mengalihkan atau mencari kesibukan agar tidak selalu teringat apa yang telah terjadi, berusaha berpikir positif terhadap apa yang terjadi, setiap yang terjadi pasti ada hikmahnya, berdiskusi dengan orang lain yang dipercaya dapat menemukan solusi dan mengurangi rasa sedih yang dialami.(2) Rasa rendah diri tertutup remaja akibat perceraian orang tua. Remaja yang mengalami perceraian dapat menceritakan apa yang dia rasakan kepada orang lain yang dia anggap mampu merahasiakannya, dengan itu dapat meringankan bebannya, berpikir positif, setiap yang terjadi adalah takdir bukan kesalahan dari orang lain, apapun yang terjadi pada keluarganya tidak ada sangkut pautnya dengan orang lain, melakukan pemaafan pada kedua orang tuanya dan dirinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Depositing User: Lusi Ismail Lusi
Date Deposited: 22 Sep 2022 09:17
Last Modified: 22 Sep 2022 09:17
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10878

Actions (login required)

View Item View Item