UPAYA PEMUKA MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN KESADARAN REMAJA UNTUK MELAKSANAKAN SHOLAT JUM’AT DI DESA SERAMI BARU KECAMATAN MALIN DEMAN KABUPATEN MUKOMUKO (DALAM TINJUAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM)

ULFA RAHMAYU, RANI (2022) UPAYA PEMUKA MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN KESADARAN REMAJA UNTUK MELAKSANAKAN SHOLAT JUM’AT DI DESA SERAMI BARU KECAMATAN MALIN DEMAN KABUPATEN MUKOMUKO (DALAM TINJUAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text
ULFA RAHMAYU RANI_1712020027_BAB I - Ulfa Rahmayurani.pdf

Download (766kB)
[img] Text (Bab II)
ULFA RAHMAYU RANI_1712020027_BAB II - Ulfa Rahmayurani.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (795kB)
[img] Text
ULFA RAHMAYU RANI_1712020027_BAB III - Ulfa Rahmayurani.pdf

Download (468kB)
[img] Text (Bab IV)
ULFA RAHMAYU RANI_1712020027_BAB IV - Ulfa Rahmayurani.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (725kB)
[img] Text
ULFA RAHMAYU RANI_1712020027_BAB V _ Daftar Pustaka - Ulfa Rahmayurani.pdf

Download (399kB)
[img] Text
ULFA RAHMAYU RANI_1712020027_COVER, DLL - Ulfa Rahmayurani.pdf

Download (720kB)
[img] Text (Fulltext)
ULFA RAHMAYU RANI_1712020027_Fulltext.- - Ulfa Rahmayurani.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Upaya Pemuka Masyarakat dalam Meningkatkan Kesadaran Remaja Untuk Melaksanakan Sholat Jum’at di Desa Serami Baru Kecamatan Malin Deman Kabupaten Mukomuko (dalam Tinjauan Bimbing dan Konseling Islam)” yang disusun oleh Ulfa Rahmayu Rani NIM. 1712020027 jurusan Bimbing Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Remaja terutama laki-laki yang sudah baligh di Desa Serami Baru Kecamatan Malin Deman Kabupaten Mukomuko kurang menunjukan kesadaran mereka untuk melaksanakan sholat Jum’at. Fenome yang terjadi pada saat sholat Jum’at remaja saat ini disibukan dengan kegiatan main game, tertawa dengan keras, duduk diwarung-warung, tidur, nonton dan lain sebagainya. Sehingga meraka lupa dengan kewajiban sebagai laki-laki, setiap laki-laki yang sudah baligh diwajibkan untuk melaksanakan sholat Jum’at. Penelitian ini mengunakan penelitian lapangan (field research) yang megunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitan ini, adalah pemuka masyarakat dan remaja. Teknik penentuan subjek yaitu snowball sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi dan wawancara. Temuan penelitian, adalah: (1) Upaya preventif pemuka masyarakat dalam meningkatkan kesadaran remaja untuk melaksanakan sholat Jum’at, yaitu memberikan motivasi, memberikan pujian terhadap remaja sholat Jum’at dan mengajak remaja terlibat didalam persiapan sholat Jum’at di Masjid. (2) Upaya kuratif pemuka masyarakat dalam meningkatkan kesadaran remaja untuk melaksanakan sholat Jum’at yaitu memberikan pemahaman, memberikan keyakinan bahwa seorang remaja wajib melaksanakan sholat Jum’at dan memberikan contoh. (3) Upaya preservatif pemuka masyarakat dalam meningkatkan kesadaran remaja untuk melaksanakan sholat Jum’at yaitu memberikan pembinaan, pembiasaan remaja untuk sholat jum’at serta memberikan reward terhadap remaja. Upaya yang dilakukan oleh pemuka masyarakat bertujuan untuk meningkatkan kesadaran remaja dalam melaksanakan sholat Jum’at sesuai dengan perintah Allah SWT supaya remaja tidak disibukan oleh kegiatan pada hari Jum’at dan saat adzan berkumandang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Depositing User: Lusi Ismail Lusi
Date Deposited: 22 Sep 2022 08:58
Last Modified: 22 Sep 2022 08:58
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10877

Actions (login required)

View Item View Item