AKREDITASI TPQ DALAM MENINGKATKAN MUTU LEMBAGA DI TPQ AL-MUSTAMI KECAMATAN PADANG SELATAN

RAHMI, NURUL FARDILA (2022) AKREDITASI TPQ DALAM MENINGKATKAN MUTU LEMBAGA DI TPQ AL-MUSTAMI KECAMATAN PADANG SELATAN. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Rahmi Nurul Fardila_1814030072_Cover, Persetujuan Pembimbing, Pengesahan, Abstrak, Kata Pengantar, dll - Rahmi Nurul fardila.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Rahmi Nurul Fardila_1814030072_Bab I - Rahmi Nurul fardila.pdf

Download (420kB)
[img] Text
Rahmi Nurul Fardila_1814030072_Bab II - Rahmi Nurul fardila.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)
[img] Text
Rahmi Nurul Fardila_1814030072_Bab III - Rahmi Nurul fardila.pdf

Download (367kB)
[img] Text
Rahmi Nurul Fardila_1814030072_Bab IV - Rahmi Nurul fardila.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] Text
Rahmi Nurul Fardila_1814030072_Bab V - Rahmi Nurul fardila.pdf

Download (361kB)
[img] Text
Rahmi Nurul Fardila_1814030072_Fulltext - Rahmi Nurul fardila.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitan ini dilatar belakangi karena peneliti menemukan beberapa permasalahan terkait pelaksanaan reakreditasi terhadap kurikulum, pendidik dan pengelolaan kelembagaan pada TPQ Al-Mustami ini diantaranya: penyesuaian kurikulum yang belum sesuai dengan tingkat kelas nya, terdapat beberapa tenaga pendidik yang baru dan kurangnya anggaran dalam pemenuhan sarana dan prasarana yang ada di TPQ membuat Kepala TPQ tersebut harus mencarikan dana dalam pengadaan sarana dan prasarana tersebut. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah ini dengan Pelaksanaan Reakreditasi TPQ dalam Meningkatkan Mutu Lembaga di TPQ Al-Mustami Kecamatan Padang Selatan. Dengan adanya pelaksanaan rekareditasi (penialaian ulang) ini maka TPQ Al- Mustami dapat meningkatkan mutu lembaga TPQ Al-Mustami ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persiapan akreditasi di TPQ Al-Mustami, untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan akreditasi di TPQ Al-Mustami dan untuk mengetahui bagaiamana hasil akreditasi di TPQ Al- Mustami. Tempat penelitian ini di TPQ Al-Mustami Kecamatan Padang Selatan dengan metode deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini meliputi: (1) Persiapan akreditasi di TPQ Al-Mustami ini diantaranya seperti, memahami standar akreditasi lembaga, penilaian dalam akreditasi, biaya prosedur akreditasi dan kompetensi akreditasi. Dan juga terdapat beberapa prosedur yang harus di persiapkan antara lain: Mengajukan permohonan akreditasi, evaluasi diri oleh TPQ, pengolahan hasil evaluasi diri, visitasi (kunjungan) oleh asesor, penetapan hasil Akreditasi, penerbitan sertifikat dan laporan akreditasi. (2) Pelaksanaan visitasi akreditasi di TPQ Al-Mustami ini diantaranya meliputi: persiapan visitasi oleh tim asesor, verifikasi data dan validasi data, penyusunan laporan tim asesor dan penyerahan laporan tim asesor. (3) Hasil akreditasi di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Mustami telah selesai melaksanakan akreditasi ulang (reakreditasi), yang mana kali ini TPQ Al-Mustami masih belum bisa mencapai target nilai maximal dalam penilaian, yakni masih mendapat predikat B dalam penilaiannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 22 Sep 2022 02:19
Last Modified: 22 Sep 2022 02:19
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10866

Actions (login required)

View Item View Item