MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 5 PADANG

HANA, INDAH SRI WAHYUNI (2022) MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 5 PADANG. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
fauziah Asnur 1814030048 cover - fauziah asnur aninditha.pdf

Download (806kB)
[img] Text
fauziah asnur_1814030048 bab I - fauziah asnur aninditha.pdf

Download (679kB)
[img] Text
fauziah asnur_1814030048 bab II - fauziah asnur aninditha.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
fauziah asnur _1814030048 bab III - fauziah asnur aninditha.pdf

Download (386kB)
[img] Text
fauziah_1814030048 Bab IV - fauziah asnur aninditha.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
fauziah Asnur_1814030048 Bab V - fauziah asnur aninditha.pdf

Download (326kB)
[img] Text
Fulltext_ fauziah Asnur 1814030048 benar - fauziah asnur aninditha.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan terkait dengan manajemen pemasaran pendidikan yaitu tidak adanya penginformasian atau promosi ke sekolah dasar ataupun media lainnya, pemasarannya hanya melalui media sosial saja. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui perencanaan pemasaran pendidikan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 5 Padang, (2) Untuk mengetahui pengorganisasian pemasaran pendidikan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 5 Padang, (3) Untuk mengetahui pelaksanaan pemasaran pendidikan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 5 Padang, (4) Untuk mengetahui pengawasan pemasaran pendidikan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) N 5 Padang Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif-kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 5 Padang. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kesiswaan, kepala tata usaha, dan guru. Objek penelitian adalah manajemen pemasaran pendidikan dalam rekrutmen peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini meliputi (1) Marketing program yang ada di SMP N 5 Padang yaitu brending sekolah yang mana sekolah ini sekolah yang bernuansa religius. Sedangkan marketing strategisnya yaitu mengapload kegiatan brending sekolah di akun media sosial yang dimiliki sekolah seperti instagram, facebook, website dan youtube. (2) pengorganisasiannya yaitu membuat sebuah struktur organisasi pemasaran dan siapa yang bertanggung jawab dalam struktur organisasi tersebut, strukturnya terdiri dari penanggung jawab yaitu Junaidi M. Ag., M. Pd, ketua yaitu Neldawati S. Pd, sekretaris yaitu Elfira, M. Pd, humas yaitu Nurman, humas publikasi yaitu Sendy Rubel S. Pd. (3) Dalam pelaksanaan pemasaran produk yang di tawarkan yaitu brending sekolah dan keunggulan yang di miliki oleh sekolah, harga atau biaya pendaftarannya itu gratis dan biaya buku dan baju itu di bayar setengah harga dahulu dan setengahnya lagi ketika sudah masuk sekolah, dan promosi yang dilakukan yaitu melalui media sosial seperti facebook, instagram, website dan youtube. (4) pengawasan yang dilakukan yaitu mengikuti, mengawasi dan mengevaluasi setiap langkah yang di lakukan mulai dari perencanaan pengorganisasian dan pelaksanaannya. Kata Kunci: Manajemen, Pemasaran pendidikan sekolah Menengah Pertama

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 22 Sep 2022 01:10
Last Modified: 22 Sep 2022 01:10
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10852

Actions (login required)

View Item View Item