DAMPAK KETIDAKMAMPUAN SUAMI DALAM MEMBERIKAN NAFKAH TERHADAP KETAHANAN RUMAH TANGGA (Studi Kasus di Nagari Sungai Batuang Kecamatan Kamang Baru Kabupaten Sijunjung)

Cici, Mayangsari (2022) DAMPAK KETIDAKMAMPUAN SUAMI DALAM MEMBERIKAN NAFKAH TERHADAP KETAHANAN RUMAH TANGGA (Studi Kasus di Nagari Sungai Batuang Kecamatan Kamang Baru Kabupaten Sijunjung). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Cici Mayangsari_1713010179_Cover,dll_ - Cici Mayangsari.pdf - Published Version

Download (951kB)
[img] Text (BAB I)
Cici Mayangsari_1713010179_Bab I_ - Cici Mayangsari.pdf - Published Version

Download (570kB)
[img] Text (BAB II)
Cici Mayangsari_1713010179_Bab II_ - Cici Mayangsari.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (914kB)
[img] Text (BAB III)
Cici Mayangsari_1713010179_Bab III_ - Cici Mayangsari.pdf - Published Version

Download (562kB)
[img] Text (BAB IV)
Cici Mayangsari_1713010179_Bab IV_ - Cici Mayangsari.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
[img] Text (BAB V)
Cici Mayangsari_1713010179_Bab V, Daftar Pustaka_ - Cici Mayangsari.pdf - Published Version

Download (624kB)
[img] Text
Cici Mayangsari_1713010179_Fulltext_ - Cici Mayangsari.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta yang terjadi di masyarakat menunjukkan bahwa fungsi suami sebagai pencari nafkah utama digantikan oleh istri, sehingga peran istri bukan hanya sebagai ibu rumah tangga namun juga sebagai pencari nafkah utama.Adapun pertanyaan penelitian ini adalah pertama apa faktor penyebab ketidakmampuan suami dalam memberikan nafkah di Nagari Sungai Batuang, kedua apa dampak yang terjadi ketika suami tidak memberikan nafkah terhadap ketahanan rumah tangga di Nagari Sungai Batuang. Metode penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan mengumpulkan data dengan melakukan wawancara mengenai problematika nafkah terhadap rumah tangga. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang berupa wawancara yang berkaitan langsung dengan orang yang bersangkutan dengan masalah yang diteliti. Data sekunder berupa literatur lainnya yang berhubungan dengan penelitian ini. Hasil penelitian yang penulis temukan, pertama faktor pendidikan suami yang rendah sehingga peluang untuk mendapatkan pekerjaan sangat minim dan tidak mempunyai keahlian pekerjaan dibidang yang lain. Dan juga karena faktor budaya, istri ikut bekerja mencari nafkah keluarga sudah menjadi kebiasaan di masyarakat Nagari Sungai Batuang sehingga suami beranggapan dengan istri mempunyai penghasilan sendiri maka kebutuhan rumah tangga dapat tercukupi. Kedua dampak yang timbul ketika suami tidak mampu memenuhi kebutuhan keluarga ada yang berdampak positif dan negatif dalam ketahanan keluarga. Dampak positif yang timbul adalah dengan bekerjanya istri mencari nafkah untuk membantu suami merupakan ladang amal bagi istri jika istri ikhlas menerima, menuntut kesabaran dan ketabahan istri dalam menhadapi masalah keluarga. Sedangkan dampak negatif yang timbul adalah sering terjadi pertengkaran dalam rumah tangga, istri kurang menghormati suami, istri tidak lagi bisa maksimal mengurus keluarga dan terjadinya perceraian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Nasrul Makdis Pustakawan
Date Deposited: 22 Sep 2022 02:54
Last Modified: 22 Sep 2022 02:54
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10851

Actions (login required)

View Item View Item