KEPIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENJALANKAN FUNGSI PENGAWASAN (CONTROLING) DI SMA NEGERI 2 LEMBAYANG JAYA KABUPATEN SOLOK

ANGGRE, ANGGRE (2022) KEPIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENJALANKAN FUNGSI PENGAWASAN (CONTROLING) DI SMA NEGERI 2 LEMBAYANG JAYA KABUPATEN SOLOK. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Anggre_1814030011_Cover, dll - 0011 Anggre.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Anggre_1814030011_BAB I - 0011 Anggre.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Anggre_1814030011_BAB II - 0011 Anggre.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Anggre_1814030011_BAB III - 0011 Anggre.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Anggre_1814030011_BAB IV - 0011 Anggre.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
Anggre_1814030011_BAB V-Daftar Kepustakaan - 0011 Anggre.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Anggre_1814030011_Fulltext - 0011 Anggre.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan fungsi pengawasan (controlling) di SMA Negeri 2 Lembang Jaya Kabupaten Solok yang belum berjalan dengan maksimal misalnya aktivitas yang dilakukan guru dan juga pegawai bermacammacam, ada yang ngobrol, ada yang duduk-duduk santai, dan ada juga yang bekerja, dan pada jam mengajar banyak kelihatan masih belum melaksanakan pembelajaran. Tujuan penelitian adalah: (a) untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah di SMA Negeri 2 Lembang Jaya Kabupaten Solok. (b) untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah dalam menjalankan fungsi pengawasan (controlling) kepada pendidik dan tenaga kependidikan di lembaga pendidikan di SMA Negeri 2 Lembang Jaya Kabupaten Solok. (c) untuk mengetahui faktorfaktor yang mendukung dan menghambat kepemimpinan kepala sekolah dalam menjalankan fungsi pengawasan (controlling) terhadap pendidik dan tenaga kependidikan di SMA Negeri 2 Lembang Jaya Kabupaten Solok. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini memperoleh data-data dengan cara wawancara, observas, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama Kepemimpinan Kepala Sekolah di SMA Negeri 2 Lembang Jaya Kabupaten Solok menggunakan tipe kepemimpinan yang demokratis. Hal ini berdasarkan pada pimpinan yang melibatkan bawahan dalam pengambilan keputusan dan melaksanakan program kerja secara partisipatif dan efektif yaitu kebebasan berpendapat, menyelesaikan masalah bersama-sama, dan pemimpin menyampaikan banyak iformasi tentang tugas dan tanggung jawab para bawahannya. Kedua Pengawasan (controlling) yang dilakukan oleh kepala sekolah di SMA Negeri 2 Lembang Jaya terhadap pendidik dan juga tenaga kependidikan menggunakan pengawasan secara langsung yaitu ketika kepala sekolah sedang mengamati pendidik maupun tenaga kependidikan yang sedang melakukan pekerjaannya secara langsung, apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan tugas maka kepala sekolah mengoreksi secara langsung. Sedangkan pengawasan secara tidak langsung yaitu kepala sekolah melimpahkan wewenang kepada wakilnya. Selain itu kepala sekolah juga melakukan pengawasan preventif dan juga pengawasan represif. Ketiga Faktor pendukung pengawasan (controlling) di SMA Negeri 2 Lembang Jaya oleh kepala sekolah yaitu adanya fasilitas pengawasan yang berbasis IT yaitu CCTV dan juga fingerprint dan adanya sistem laporan secara tertulis (written report). Sedangkan faktor penghambat pengawasan (controlling) yaitu adanya kesibukan kepala sekolah yang terkadang ada tugas diluar, terdesak dengan kegiatan lain sehingga tidak semua aktivitas pendidik dan juga tenaga kependidikan dapat terpantau, dan adanya kepribadian yang sungkan memberikan teguran kepada bawahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 19 Sep 2022 02:17
Last Modified: 19 Sep 2022 02:17
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10811

Actions (login required)

View Item View Item