Hubungan Kemampuan Interaksi Sosial dengan Penerimaan Teman Sebaya pada Peserta Didik dan Implikasinya terhadap Bimbingan dan Konseling di Kelas VII SMPN 12 Padang

Resi Amelia, Resi (2018) Hubungan Kemampuan Interaksi Sosial dengan Penerimaan Teman Sebaya pada Peserta Didik dan Implikasinya terhadap Bimbingan dan Konseling di Kelas VII SMPN 12 Padang. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img]
Preview
Text
cover, persetujuan pembimbing, pengesahan tim penguji, abstrak, daftar isi.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V..pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi keseluruhan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul: “Hubungan Kemampuan Interaksi Sosial dengan Penerimaan Teman Sebaya pada Peserta Didik dan Implikasinya Terhadap Bimbingan dan Konseling di Kelas VII SMP N 12 Padang”,yang disusun oleh Resi Amelia. 412453 pada Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang.Penelitian ini dilatar belakangi oleh berbedanya asal sekolah peserta didik saat masuk ke bangku SMP. SMP yang dimasuki merupakan lingkungan yang baru bagi peserta didik, begitu pula teman-temannya. Di sini dilihat apakah peserta didik dapat berinteraksi dengan baik di lingkungan barunya serta bisa di terima oleh teman sebaya nya atau tidak. Tujuan dari penelitian ini adalah: a.Untuk mengetahui kemampuan interaksi sosial pada peserta didik kelas VII di SMP N 12 Padang. b. Untuk mengetahui penerimaan teman sebaya pada peserta didik kelas VII di SMP N 12 Padang. c.Untuk mengetahui hubungan antara kemampuan interaksi sosial dengan penerimaan teman sebaya pada peserta didik kelas VII di SMP N 12 Padang. Untuk mencapai tujuan tersebut di atas, penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini peserta didik kelas VII di SMP N 12 Padang yang berjumlah 263 orang dan jumlah sampel 72 orang yang diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian ini adalah angket tentang interaksi sosial dan penerimaan teman sebaya. Data diolah dengan menggunakan program statistical product and service solution (SPSS) versi 16.00, serta dianalisis dengan menggunakan rumus Product Moment Correlation Coefisien Karl Pearson.Hasil penelitian mengungkapkan bahwa interaksi sosial peserta didik kelas VII di SMP N 12 Padang mencapai 61,11 %. Sedangkan penerimaan teman sebaya pada peserta didik kelas VII di SMP N 12 Padang mencapai 52,78 %. Untuk hasil uji korelasi dalam penelitian hubungan antara kemampuan interaksi sosial dengan penerimaan teman sebaya bahwa thitung sebesar 8,056 sedangkan ttabel untuk signifikan 1% sebesar 2,65 dan signifikan 5% sebesar 2,00, maka H0 ditolak dan Ha diterima. thitung yang didapat lebih besar dari ttabel yang berarti ada hubungan yang signifikan antara kemampuan interaksi sosial dengan penerimaan teman sebaya pada peserta didik kelas VII di SMP N 12 Padang. Dengan demikian guru BK dapat memberikan bantuan berupa berbagai macam layanan kepada peserta didik seperti layanan informasi dan layanan bimbingan kelompok pada bidang pengembangan pribadi dan sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Manajemen Pendidikan Islam mpi
Date Deposited: 03 Jul 2018 07:42
Last Modified: 03 Jul 2018 07:42
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1074

Actions (login required)

View Item View Item