PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK IPA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN APLIKASI COMICKER TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA

SELVIA, FEBRIANTI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK IPA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN APLIKASI COMICKER TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Selvia_Febrianti_1714080075_Cover,dll - Selvia Febrianti.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Selvia Febrianti_1714080075_BAB I - Selvia Febrianti.pdf

Download (497kB)
[img] Text
Selvia Febrianti_1714080075_BAB II - Selvia Febrianti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (639kB)
[img] Text
Selvia Febrianti_1714080075_BAB III - Selvia Febrianti.pdf

Download (650kB)
[img] Text
Selvia Febrianti_1714080075_BAB IV - Selvia Febrianti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (766kB)
[img] Text
Selvia Febrianti_1714080075_BAB V-DAFTAR PUSTAKA - Selvia Febrianti.pdf

Download (586kB)
[img] Text
Selvia_Febrianti_1714080075_Fulltext - Selvia Febrianti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

”Pengembangan media pembelajaran komik IPA berbasis android menggunakan aplikasi comicker terhadap kemampuan berfikir kritis siswa”. Skripsi: Jurusan Tadris IPA Konsentrasi Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2022. 116 halaman. Pembelajaran IPA mempunyai karakteristik yang sangat kompleks, sehingga untuk mudah memahaminya membutuhkan media pembelajaran yang menyenangkan. Seperti yang diketahui bahwa pada pembelajaran IPA terdapat Materi yang bersifat abstrak, rumus-rumus, serta materi yang sulit dipahami oleh siswa, yang membuat pembelajaran menjadi membosankan dan tidak menyenangkan. Agar pembelajaran menjadi menyenangkan maka diperlukan media pembelajaran berbasis teknologi yang menyenangkan seperti Komik IPA berbasis android, sebagai sarana untuk menggambarkan konsep-konsep yang sulit dalam sains. Jenis penelitian ini adalah Research & Development (RnD) dengan menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari 3 tahap, yaitu: penelitian pendahuluan, pengembangan prototipe(tahap pengembangan prototipe), dan tahap penilaian(assesment phase). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validitas, kepraktisan, efektifitas dan soal tes berpikir kritis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran komik IPA berbasis android menggunakan aplikasi comicker terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sangat valid dilihat dari Kelayakan Isi/Materi, Bahasa, dan Media. Uji Praktikalitas menggunakan angket oleh pendidik dan peserta didik dengan kategori Sangat Praktis. Uji Efektifitas menggunakan angket oleh peserta didik dengan kategori Sangat Efektif, dan Soal tes Berpikir Kritis pada Materi Sistem tata surya dengan kategori Sangat Efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 15 Sep 2022 03:25
Last Modified: 15 Sep 2022 03:25
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10724

Actions (login required)

View Item View Item