META ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS PENDEKATAN STEM (SCIENCE,TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATIC) (PjBL-STEM) PADA PEMBELAJARAN FISIKA

NURUL, ROJANI (2022) META ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS PENDEKATAN STEM (SCIENCE,TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATIC) (PjBL-STEM) PADA PEMBELAJARAN FISIKA. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Nurul Rojani_1714080022_Cover,dll - Nurul Rojani.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Nurul Rojani_1714080022_BAB I - Nurul Rojani.pdf

Download (582kB)
[img] Text
Nurul Rojani_1714080022_BAB II - Nurul Rojani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[img] Text
Nurul Rojani_1714080022_BAB III - Nurul Rojani.pdf

Download (554kB)
[img] Text
Nurul Rojani_1714080022_BAB IV - Nurul Rojani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Nurul Rojani_1714080022_BAB V - Nurul Rojani.pdf

Download (410kB)
[img] Text
Nurul Rojani_1714080022_Fulltext - Nurul Rojani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Meta Analisis Pengunaan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbasis Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering And Mathematic) (PjBL-STEM) pada Pembelajaran Fisika. Skripsi. Jurusan Tadris IPA Fisika Konsentrasi Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2022. 117 Halaman Penelitian mengenai penggunaan model pembelajaran PjBL-STEM telah banyak dilakukan peneliti-peneliti sebelumnya. Namun, rangkuman seberapa besar pengaruh dari berbagai penelitian tersebut belum banyak dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan Summary effect size penggunaan model pembelajaran PjBL-STEM pada pembelajaran fisika dan variabel moderator yaitu penerapan pembelajaran, materi pembelajaran dan jenjang pendidikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian meta analisis. Meta analisis adalah suatu bentuk penelitian kuantitatif yang mengkaji secara sistematis dan mensintesis hasil-hasil estimasi secara kuantitatif dari sejumlah penelitian terdahulu yang menjawab masalah penelitian yang sama dan bisa digabungkan, untuk kemudian dihitung seberapa besar effect size dari variabel moderator yang ditetapkan. Kemudian hasil perhitungan effect size tersebut dirangkum dan diinterpretasikan oleh peneliti Berdasarkan meta analisis yang dilakukan dapat dinyatakan tiga hasil penelitian. Pertama, Summary effect size penggunaan model pembelajaran PjBL-STEM dalam pembelajaran fisika yaitu 1,29 dalam kategori sangat tinggi sehingga model pembelajaran PjBL-STEM berpengaruh yang signifikan dalam pembelajaran fisika. Kedua, penggunaan model pembelajaran PjBL-STEM dalam pembelajaran fisika terhadap penerapan pembelajaran memberikan Summary effect size paling tinggi terhadap hasil belajar dengan effect size 2,22 dalam kategori sangat tinggi. Ketiga, penggunaan model pembelajaran PjBL-STEM dalam pembelajaran fisika terhadap materi pembelajaran pembelajaran memberikan Summary effect size paling tinggi pada maetri gelombang bunyi dengan effect size 2,56. Keempat, penggunaan model pembelajaran PjBL-STEM dalam pembelajaran fisika terhadap jenjang pendidikan memberikan Summary effect size paling tinggi pada tingkat SMP dengan Summary effect size 1,561 berkategori sangat tinggi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 15 Sep 2022 03:21
Last Modified: 15 Sep 2022 03:21
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10723

Actions (login required)

View Item View Item