PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ELEARNING FISIKA BERBASIS STEM DENGAN APLIKASI LECTORA INSPIRE TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA/MA

JERI, AZHARI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ELEARNING FISIKA BERBASIS STEM DENGAN APLIKASI LECTORA INSPIRE TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA/MA. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Jeri Azhari_1714080006_Cover,dll - Jeri Azhari.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Jeri Azhari_1714080006_BAB I - Jeri Azhari.pdf

Download (541kB)
[img] Text
Jeri Azhari_1714080006_BAB II - Jeri Azhari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Jeri Azhari_1714080006_BAB III - Jeri Azhari.pdf

Download (779kB)
[img] Text
Jeri Azhari_1714080006_BAB IV - Jeri Azhari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Jeri Azhari_1714080006_Bab v - Jeri Azhari.pdf

Download (834kB)
[img] Text
Jeri Azhari_1714080006_Fulltext - Jeri Azhari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Pengembangan Media Pembelajaran Elearning Fisika Berbasis STEM Dengan Aplikasi Lectora inspire Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA/MA. Skripsi: Tadris IPA Konsentrasi Fisika, Program Sarjana Universita Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2022, 299 Halaman. Penelitian ini dilatar belakang oleh penggunaan media pembelajaran pendidik yang kurang menarik dan monoton. Maka dari pada itu diperlukan media pembelajaran elearning yang bisa membuat peserta didik lebih aktif dan peserta didik untuk belajar fisika dengan cara yang menarik dan interaktif serta mendukung dalam proses kegiatan pembelajaran. Pembelajaran dengan pendekatan STEM menuntut peserta didik untuk menjadi inovator pembaharuan, pemecah masalah dan penemu, yang percaya diri, sadar teknologi dan mampu berikir logis, Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan produk pengembangan media pembelajaran elearning fisika berbasis STEM dengan aplikasi Lectora inspire terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Model pengembangan ini adalah Plomp yang terdiri dari 3 tahap, yaitu penelitian pendahuluan (Preliminary reseach), fase pengembangan atau prototipe (development of prototype phase), dan fase penilaian (Assesment phase). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validitas, angket praktikalitas, dan angket efektifitas. Uji validitas media pembelajaran elearning fisika berbasis STEM diberikan kepada 3 orang validator ahli dinilai dari aspek materi, media, dan bahasa. Uji praktikalitas media pembelajaran elearning fisika berbasis STEM diberikan kepada 2 orang pendidik fisika dan 20 orang peserta didik dinilai dari aspek kemudahan dan keterbacaan soal dalam pelaksanaan tes. Uji efektifitas diujikan kepada 20 orang peserta didik kelas XI IPA 1 MAN 1 Pesisir Selatan dengan memberikan media pembelajaran elearning fisika berbasis STEM. Hasil Penelitian ini telah dihasilkan media pembelajaran elearning fisika berbasis STEM yang valid,praktis dan efektif. Media pembelajaran elearning fisika berbasis STEM tersebut valid baik dari segi materi ,media dan bahasa dengan nilai rata-rata 85,33% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan media pembelajaran elearning fisika fisika tersebut mempunyai nilai rata-rata yaitu 85,35% dengan kategori sangat praktis, sedangkan untuk keefektifan produk dilihat dari segi angket memperoleh nilai rata-rata sebesar 88,8% dengan kategori sangat efektif, sedangkan untuk media pembelajaran elearning fisika diperoleh efektifitas soal tes sebesar 84,75% dengan kategori sangat efektif. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran elearning fisika berbasis STEM dengan aplikasi lectora inspire terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik SMA/MA memenuhi kriteria Sangat Valid, Sangat Praktis dan Sangat Efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 15 Sep 2022 03:11
Last Modified: 15 Sep 2022 03:11
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10721

Actions (login required)

View Item View Item