PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS STEM BERBANTUAN APLIKASI ANIMAKER TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

BISMIL, HASAN (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS STEM BERBANTUAN APLIKASI ANIMAKER TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Bismil Hasan_1714080038_Cover - Bismil Hasan.pdf

Download (914kB)
[img] Text
Bismil Hasan_1714080038_Bab I - Bismil Hasan.pdf

Download (349kB)
[img] Text
Bismil Hasan_1714080038_Bab II - Bismil Hasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (652kB)
[img] Text
Bismil Hasan_1714080038_Bab III - Bismil Hasan.pdf

Download (739kB)
[img] Text
Bismil Hasan_1714080038_Bab IV - Bismil Hasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (842kB)
[img] Text
Bismil Hasan_1714080038_Bab V, Daftar Pustaka - Bismil Hasan.pdf

Download (473kB)
[img] Text
Bsimil Hasan_1714080038_Fulltext - Bismil Hasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis STEM berbantuan aplikasi animaker terhadap hasil belajar peserta didik. Tadris IPA Konsentrasi Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Uiniversitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran fisika, tidak adanya bahan ajar berbasis STEM dalam pembelajaran dan tidak adanya media yang menunjang peserta didik untuk bisa belajar secara mandiri. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan media pembelajaran fisika berbasis STEM berbantuan aplikasi animaker pada materi pemanasan global dan pencemaran lingkungan yang valid, praktis dan efektif terhadap hasil belajar pesertadidik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R & D) dengan menggunakan model ADDIE. Peneliti melihat tingkat valid dari aspek kelayakan materi, bahasa, dan media. menggunakan angket validasi. Selanjutnya pada tahap penilaian produk di uji coba kepada 2 orang pendidik fisikadi SMP Kartika 1-7 Padang dan 15 peserta didik untuk mengetahui tingkat kepraktisan produk. Instrumen yang digunakan untuk melihat kepraktisan produk adalah berupa angket. Sedangkan uji efektivitas produk menggunakan instrumen angket dan soal yang diberikan kepada 15 orang peserta didik untuk dilihat nilai aspek kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis STEM berbantuan aplikasi nimaker terhadap hasil belajar peserta didik sangat valid dengan skor rata- rata keseluruhan 85,6%. Uji kepraktisan produk oleh 15 orang peserta didik dan peserta didik mendapatkan rata-rata 81,9%. Sedangkan keefektifan produk dikategorikan efektif dengan rata-rata yang adalah 63,2% untuk soal tes dan untuk angket efektifitas dengan rata-rata 78,5%. Pada indikator berpikir kritis didapatkan rata-rata 82,29%. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran fisika animaker berbasis STEM terhadap hasil belajar peserta didik dengan kriteria sangat valid, sangat praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 15 Sep 2022 02:31
Last Modified: 15 Sep 2022 02:31
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10718

Actions (login required)

View Item View Item