PENGEMBANGAN e-LKPD IPA TERPADU BERBASIS POE (PREDICT OBSERVE EXPLAINT) BERBANTUAN EDMODO TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMP/MTs

AFIFAH, AFIFAH (2022) PENGEMBANGAN e-LKPD IPA TERPADU BERBASIS POE (PREDICT OBSERVE EXPLAINT) BERBANTUAN EDMODO TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMP/MTs. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Afifah_1714080062_Cover Dll - Afifah yd.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Afifah_1714080062_Bab I - Afifah yd.pdf

Download (269kB)
[img] Text
Afifah_1714080062_Bab II - Afifah yd.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (573kB)
[img] Text
Afifah_1714080062_Bab III - Afifah yd.pdf

Download (482kB)
[img] Text
Afifah_1714080062_Bab IV - Afifah yd.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Afifah_1714080062_BabV - Afifah yd.pdf

Download (289kB)
[img] Text
Afifah_1714080062_Fulltekx - Afifah yd.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
Afifah_1714080062_Produk. - Afifah yd.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pengembangan e-LKPD IPA Terpadu Berbasis POE (Predict Observe Explaint) Berbantuan Edmodo Terhadap Literasi Sains Peserta Didik. Skripsi: Jurusan Tadris IPA Konsentrasi Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2022. 150 Halaman. Kemampuan literasi sains sangat penting untuk dikuasai oleh peserta didik dalam menghadapi tantangan zaman di abad 21 ini, berdasarkan hasil survey PISA 2018, Literasi sains peserta didik di Indonesia masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh penggunaan bahan ajar disekolah yang menekankan dimensi konten dari pada dimensi proses dan konteks sebagaimana tuntutan PISA. Pembelajaran yang seperti ini dikhawatirkan akan berdampak pada kurangnya pemahaman peserta didik terhadap konsep pembelajaran yang telah diberikan, khususnya pada pembelajaran IPA. Oleh karena itu, diperlukan bahan ajar dan model pembelajaran yang dapat menunjang proses pembelajaran peserta didik didalam kelas diantaranya berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis POE (Predict Observe Explaint). Jenis penelitian ini merupakan Research & Development (RnD) dengan menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari 3 tahap yaitu: penelitian pendahuluan (preliminary research), pengembangan prototipe (development prototype phase), dan tahap penilaian (assesment phase). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validitas, angket praktikalitas, angket efektifitas dan soal tes literasi sains.Uji validitas produk diberikan kepada 3 orang validator ahli yang menilai kelayakan materi, kelayakan bahasa dan kelayakan kontruksi/media.Uji praktikalitas produk diberikan kepada 2 orang pendidik Fisika dan 15 orang peserta didik kelas VIII SMP N 24 Padang.Uji efektifitas e-LKPD adalah berupa angket dan soal tes literasi sains diberikan kepada 15 peserta didik kelas VIII SMP N 24 Padang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-LKPD berbasis POE ini sangat valid dengan skor rata-rata 84,83% dilihat dari perolehan persentase uji kelayakan isi/materi 82,5%, kelayakan bahasa 92%, dan kelayakan media 80%. Praktikalitas oleh pendidik 81,42% dan peserta didik 88,9% dengan kategori sangat praktis. Keefektifan dikategorikan sangat efektif dengan perolehan skor rata-rata angket efektifitas 90,6%. Untuk soal tes literasi sains pada K.D 3.8 dan K.D 3.9 diperoleh skor rata-rata 89,3% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwaPengembangan e-LKPD IPA Terpadu Berbasis POE (Predict Observe Explaint) Berbantuan Edmodo Terhadap Literasi Sains Peserta Didiksangat valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 15 Sep 2022 02:27
Last Modified: 15 Sep 2022 02:27
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10717

Actions (login required)

View Item View Item