PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN IPA TERPADU BERBASIS MODEL PROBLEM SOLVING BERBANTUAN APLIKASI LECTORA INSPIRE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MTsN

EFRIZA, YULIANA (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN IPA TERPADU BERBASIS MODEL PROBLEM SOLVING BERBANTUAN APLIKASI LECTORA INSPIRE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MTsN. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Efriza Yuliana _1614080055_ cover dll - efriza yuliana.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Efriza Yuliana _1614080055_ BAB 1 - efriza yuliana.pdf

Download (316kB)
[img] Text
Efriza Yuliana _1614080055_BAB II - efriza yuliana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Efriza Yuliana _1614080055_BAB III - efriza yuliana.pdf

Download (399kB)
[img] Text
Efriza Yuliana _1614080055_BAB IV - efriza yuliana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)
[img] Text
Efriza Yuliana _1614080055_BAB V - efriza yuliana.pdf

Download (293kB)
[img] Text
Efriza Yuliana _1614080055_ fulltext2 - efriza yuliana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
Efriza Yuliana _1614080055_ produk - efriza yuliana.pdf

Download (978kB)

Abstract

Pengembangan Video Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Model Problem Solving Berbantuan Aplikasi Lectora Inspire Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik MTsN/ SMP, Skripsi Tadris IPA Konsentrasi Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Program Sarjana Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 99 halaman. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masih rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik, diantaranya disebabkan oleh media pembelajaran yang kurang menarik dan tidak mendukung kemampuan berpikir kritis dan belum ada media berupa video pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Lectora Inspire. Tujuan Penelitian ini yaitu mengembangkan video pembelajaran IPA terpadu berbasis model Problem Solving berbantuan aplikasi Lectora Inspire terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi besaran pokok dan turunan, usaha dan kalor yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Model yang digunakan adalah model Plomp yang terdiri dari tiga tahap, yaitu Penelitian Pendahuluan (Preliminary Research), fase pengembangan atau prototype (Development of Prototype phase) , Fase Penilaian (Assesment Phase). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini, yaitu angket validitas, angket praktikalitas dan angket efektivitas. Uji validitas video pembelajaran IPA diberikan kepada 3 orang validator ahli dinilai dari aspek materi, media dan bahasa. Uji praktikalitas diberikan kepada 2 orang pendidik dan 15 orang peserta didik MTsN 5 Pessel dinilai aspek kemudahan dalam menggunakan video. Uji efektivitas diberikan kepada 15 orang peserta didik MTsN 5 Pessel dinilai aspek kemudahan dalam menyelesaikan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan video pembelajaran IPA terpadu berbasis model Problem Solving berbantuan aplikasi Lectora Inspire terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik MTsN/ SMP yang valid, praktis dan efektif. Video dikatakan valid dari segi materi, media dan bahasa diperoleh nilai 86,96% dengan kategori sangat valid, kepraktisan diperoleh nilai rata-rata 86,75% dengan kategori sangat praktis, efektifitas diperoleh nilai rata-rata 77,33% efektif. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengembangan Video pembelajaran IPA terpadu berbasis model Problem Solving berbantuan aplikasi Lectora Inspire terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik MTsN/ SMP yang dikembangkan telah memiliki kualitas valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 15 Sep 2022 01:48
Last Modified: 15 Sep 2022 01:48
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10712

Actions (login required)

View Item View Item