PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS STEM TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL PENCAK SILAT DENGAN APLIKASI CAMTASIA STUDIO TERHADAP BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

AIDUL, ARIS (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS STEM TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL PENCAK SILAT DENGAN APLIKASI CAMTASIA STUDIO TERHADAP BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Aidul Aris_1614080018_Cover,dll - aidul aris.pdf

Download (710kB)
[img] Text
Aidul Aris_1614080018_Bab I - aidul aris.pdf

Download (263kB)
[img] Text
Aidul Aris_1614080018_Bab II - aidul aris.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB)
[img] Text
Aidul Aris_1614080018_Bab III - aidul aris.pdf

Download (312kB)
[img] Text
Aidul Aris_1614080018_Bab IV - aidul aris.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Aidul Aris_1614080018_Bab V - aidul aris.pdf

Download (274kB)
[img] Text
Aidul Aris_1614080018_Fulltext - aidul aris.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis STEM Terintegrasi Kearifan Lokal Pencak Silat dengan Aplikasi Camtasia Studio terhadap Berpikir Kritis Peserta Didik. Skripsi: Program Studi Tadris IPA Fisika, Program Sarjana Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2022, 112 halaman Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik dan minimnya penggunaan media pembelajaran berbasis informasi, komunikasi dan teknologi (IKT). Selain itu belum tersedia media pembelajaran berbasis STEM yang terintegrasi kearifan lokal. Dengan tersedianya media pembelajaran elektronik maka proses pembelajaran akan menjadi lebih menarik dan tidak membosankan sehingga peserta didik menjadi lebih tertarik dalam memahami materi pelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan media pembelajaran berupa media pembelajaran fisika berbasis STEM terintegrasi kearifan lokal pencak silat pada materi usaha energi dan impuls momentum yang valid, praktis, dan efektif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Model pengembangan adalah Plomp yang terdiri dari tiga tahap, penelitian pendahuluan (Preliminary reseach), fase pengembangan atau prototipe (development of prototypephase), dan fase penilaian (Assesment phase). Instrumen yang digunakan dalam uji validitas media pembelajaran diberikan kepada 4 orang validator ahli dinilai dari aspek materi/isi, media, konstruksi, dan bahasa. Uji praktikalitas media pembelajaran diberikan kepada 2 orang pendidik fisika dan 15 orang peserta didik kelas X MIA SMAN 2 Kinali dinilai dari aspek kemudahan dalam proses penggunaan. Uji efektifitas berupa angket diberikan kepada 15 orang peserta didik kelas X MIA dinilai dari aspek kemampuan berpikir kritis peserta didik. Sedangkan uji efektifitas berupa soal tes diberikan kepada 15 orang peserta didik kelas X MIA dengan memberikan 5 soal KD usaha dan energi dan 5 soal KD impuls dan momentum kepada peserta didik dinilai dari aspek kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil dimana media pembelajaran fisika berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) terintegrasi kearifan lokal valid, praktis, dan efektif terhadap kemampuan berpikir kritis. Kevalidan media pembelajaran fisika tersebut mempunyai nilai rata – rata 87,7% dari segi materi, media, kontruksi dan bahasa dengan kategori sangat valid. Kepraktisan media pembelajaran fisika tersebut mempunyai nilai rata – rata 91% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan untuk keefektifan produk diperoleh nilai rata – rata 88 % dengan kategori sangat efektif. Dari hasil uji diatas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran fisika berbasis STEM terintegrasi kearifan lokal pencak silat terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi usaha energi dan impuls momentum sudah memenuhi kualifikasi media pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 15 Sep 2022 01:43
Last Modified: 15 Sep 2022 01:43
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10711

Actions (login required)

View Item View Item