PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBANTUAN CAMTASIA STUDIO TERHADAP KEMAMPUAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

ZAHRA, AROEDA RAHMAT (2022) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBANTUAN CAMTASIA STUDIO TERHADAP KEMAMPUAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Zahra Ariefa Rahmat_1514080005_Cover,dll - Zahra Ariefa Rahmat.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Zahra Ariefa Rahmat_1514080005_Bab I - Zahra Ariefa Rahmat.pdf

Download (310kB)
[img] Text
Zahra Ariefa Rahmat_1514080005_Bab II - Zahra Ariefa Rahmat.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB)
[img] Text
Zahra Ariefa Rahmat_1514080005_Bab III - Zahra Ariefa Rahmat.pdf

Download (798kB)
[img] Text
Zahra Ariefa Rahmat_1514080005_Bab IV - Zahra Ariefa Rahmat.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Zahra Ariefa Rahmat_1514080005_Bab V - Zahra Ariefa Rahmat.pdf

Download (162kB)
[img] Text
Zahra Ariefa Rahmat_1514080005_Fulltext - Zahra Ariefa Rahmat.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemajuan teknologi yang belum dimanfaatkan sepenuhnya. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era globalisasi sangat pesat. Peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir kritis perlu memeriksa secara mendalam alasan masalah, mencoba memahami, menentang, dan melihat peristiwa secara objektif tanpa obsesi apapun. Pendidik belum memiliki cukup kemampuan dalam membuat bahan ajar yang lebih inovatif, ditambah lagi dengan keterbatasan waktu yang dimiliki oleh pendidik dalam membuat media pembelajaran. Usaha untuk mengatasi masalah tersebut dalam pembelajaran fisika dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Salah satunya dengan mengembangkan bahan ajar menggunakan camtasia studio. Penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE, mulai dari tahap analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Hasil penelitian ini adalah telah dihasilkan modul fisika berbantuan camtasia studio terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik yang sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif. Modul fisika berbantuan camtasia studio terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan kualitas produk valid diperoleh rata-rata 90% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan modul fisika mempunyai nilai rata-rata 87,5%% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan keefektivan modul fisika dengan menggunakan angket mendapat nilai rata-rata 88% dengan kategori sangat efektif dan kuis efektivitas modul fisika mendapatkan nilai rata-rata 72 dengan kategori paham.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 15 Sep 2022 01:36
Last Modified: 15 Sep 2022 01:36
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10710

Actions (login required)

View Item View Item