PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS SETS MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLAS PRO 8 UNTUK MENERAPKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI IPA

ANDI, RAMA PUTRA (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS SETS MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLAS PRO 8 UNTUK MENERAPKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI IPA. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Andi Rama Putra_1514080105_Cover - Andi Rama putra.pdf

Download (482kB)
[img] Text
Andi Rama Putra_1514080105_ BAB 1 - Andi Rama putra.pdf

Download (713kB)
[img] Text
Andi Rama Putra_1514080105_BAB II - Andi Rama putra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (935kB)
[img] Text
Andi Rama Putra_1514080105_BAB III - Andi Rama putra.pdf

Download (586kB)
[img] Text
Andi Rama Putra_1514080105_BAB V - Andi Rama putra.pdf

Download (404kB)
[img] Text
Andi Rama Putra_1514080105_Fulltext - Andi Rama putra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pengembangan e-modul Fisika Berbasis SETS Menggunakan Macromedia Flash Pro 8 untuk Menerapkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI SMA. Skripsi: Jurusan Tadris IPA Konsentrasi Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Kegguruan, Universitas Negeri Padang, 2022. Penelitian ini dilatar belakangi oleh perlu adanya suatu proses pembelajaran yang menarik dan menyenangkan agar peserta didik tidak merasa bosan dengan materi yang disampaikan khususnya mata pelajaran fisika yang menganggap bahwa mata pelajaran fisika membosankan dan menakutkan. Pendidik harus mampu menciptakan kondisi belajar yang kondusif sehingga pada saat proses pembelajaran peserta didik tidak merasa bosan dan monoton. Diperlukan bahan ajar yang dapat mendorong keterampilan peserta didik dengan dibuat bahan ajar yang mengacu pada langkah pembelajaran saintifik. Salah satu pembelajaran saintifik adalah SETS. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan e-modul berbasis SETS menggunakan macromedia flash pro 8 pada mata pelajaran fisika khusunya materi alat-alat optik dan gelombang elektromaknetik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan pendekatan Research & Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu: Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Tahap Pengembangan (Development), Implementasi (Implamantation), dan Evaluasi (Evaluation). Instrumen yang dilakukan perancangan terhadap e-modul yang divalidasi oleh 3 orang ahli, dari aspek kelayakan isi, bahasa, media menggunakan angket validasi. Uji praktikalitas diberikan kepada 1 orang pendidik dan 14 orang peserta didik di kelas XI dinilai dari aspek waktu dan kemudahan penggunannya. Uji efektifitas diberikan kepada 14 orang peserta didik di kelas XI IPA SMA N Pasaman Barat dilihat dari aspek kemampuan keterampilan proses sains, teknik analisa data yang digunakan adalah statistic deskriptif. Berdasarkan analisis data, dihasilkan produk yang valid, parktis dan efektif. Kriteria valid dikategorikan sangat valid dengan skor rata-rata 91%, dilihat dari segi kelayakan isi sebesar 91%, bahasa 90% dan media 92%. Kriteria Praktis dikategorikan sangat praktis dengan skor rata-rata 91%, dilihat dari respon pendidik 92% dan peserta didik 90%. Kriteria keefektifan dikategorikan sangat efektif dengan skor rata-rata 84% ditinjau dari aspek berfikir kritis peserta didik. Hasil uji di atas dapat disimpulkan bahwa e-modul fisika berbasis SETS menggunakan macromedia flash pro 8 untuk menerapkan keterampilan proses sains peserta didik sudah memenuhi kualifikasi e-modul yang valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 15 Sep 2022 01:15
Last Modified: 15 Sep 2022 01:20
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10706

Actions (login required)

View Item View Item