PERAN PONDOK PESANTREN DARUL MURSYID DALAM PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA DAN KEAGAMAAN DI KECAMATAN SAIPAR DOLOK HOLE TAPANULI SELATAN

Simamora, Asrul Hidayat and Firdaus, Firdaus and Musri, Muhapril (2022) PERAN PONDOK PESANTREN DARUL MURSYID DALAM PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA DAN KEAGAMAAN DI KECAMATAN SAIPAR DOLOK HOLE TAPANULI SELATAN. Skripsi thesis, Fakultas Adab dan Humaniora.

[img] Text
Asrul Hidayat Simamora_1811020052_Bab I - Asrul Hidayat Simamora.pdf

Download (248kB)
[img] Text
Asrul Hidayat Simamora_1811020052_Bab II - Asrul Hidayat Simamora.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] Text
Asrul Hidayat Simamora_1811020052_Bab III - Asrul Hidayat Simamora.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Asrul Hidayat Simamora_1811020052_Bab IV-Daftar Pustaka - Asrul Hidayat Simamora.pdf

Download (412kB)
[img] Text
Asrul Hidayat Simamora_1811020052_Cover, dll. - Asrul Hidayat Simamora.pdf

Download (524kB)
[img] Text
Asrul Hidayat Simamora_1811020052_Fulltext - Asrul Hidayat Simamora.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pesantren Darul Mursyid terletak di Kecamatan Saipar Dolok Hole. Ada beberapa alasan peneliti mengangkat tema Pesantren Darul Mursyid dalam penelitian skripsi ini yaitu: pertama, karena pesantren adalah Islamic education centre dengan hadirnya pesantren membuat generasi muda akan tumbuh yang agamis namun tidak ketinggalan dalam hal sains dan teknologi. Kedua, pesantren Darul Mursyid telah banyak memberikan kontribusi yang cukup berarti bagi kehidupan masyarakat, kemudian membantu perekonomian masyarakat sekitar. Adapun rumusan masalah dan tujuan penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui peran Pesantren Darul Mursyid dalam dinamika sosial dan budaya. 2) untuk mengetahui peran Pesantren Darul Mursyid terhadap pendidikan masyarakat. 3) untuk mengetahui peran Pesantren Darul Mursyid dalam keagamaan. Untuk mengungkapkan permasalahan di atas, skripsi ini menggunakan metode penelitian sejarah. Metode sejarah diawali dengan proses pengumpulan sumber-sumber terkait penelitian (heuristik). Adapun sumber yang digunakan ialah sumber tertulis, baik primer maupun sekunder. Setelah terkumpul, dilakukan pengujian dan analisis sumber melalui proses seleksi serta klasifikasi dan kritik sumber. Proses selanjutnya dilanjutkan dengan interpretasi sumber, yaitu penafsiran terhadap fakta-fakta sejarah serta menghubungkan suatu fakta dengan fakta yang lainnya. Setelah itu dilanjutkan dengan penulisan sejarah (historiografi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pesantren Darul Mursyid memainkan peran penting dalam bidang sosial budaya. Dalam bidang sosial banyak yang terbantu dengan program yang dibuat oleh pihak pesantren, melalui santunan anak yatim-piatu, bantuan bencana alam, bantuan untuk muallaf, bantuan kegiatan PHBI, beasiswa kepada anak yang kurang mampu dan santunan biaya hidup untuk orang tua atau jompo. Selanjutnya dalam budaya melalui nasehat dalam pelaksanaan pernikahan, sebagai penasehat dalam acara syukuran kelahiran, ustadz dalam kegiatan melayat, dan melestarikan tari tradisional. 2) Pesantren Darul Mursyid berkontribusi dalam mendidik anak yang berasal dari Saipar Dolok Hole dengan menjadi santri di PDM, alumni dari PDM yang tinggal di Saipar Dolok Hole membangun daerahnya, memberikan beasiswa kepada yang kurang mampu. 3) Pesantren Darul Mursyid berperan dalam keagamaan, diantaranya: berkontribusi dalam pelaksanaan MTQ, berkontribusi dalam kegiatan maulid Nabi Muhammad SAW, Idul Adha/berkurban dan mendirikan lembaga pendidikan al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pesantren, Sosial budaya,saipar Dolok, Tapanuli
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Rusdin Zebua Pustakawan
Date Deposited: 14 Sep 2022 07:24
Last Modified: 14 Sep 2022 07:24
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10694

Actions (login required)

View Item View Item