ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL MATEMATIKA THEOREMA PHYTAGORAS PADA KELAS VIII MTsN 6 SOLOK

Azhariah Khalida, Azhariah (2019) ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL MATEMATIKA THEOREMA PHYTAGORAS PADA KELAS VIII MTsN 6 SOLOK. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Coverdkk.pdf - Published Version

Download (368kB)
[img] Text
BAB I anak ama.pdf - Published Version

Download (417kB)
[img] Text
BAB II anak ama.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[img] Text
BAB III anak ama.pdf - Published Version

Download (741kB)
[img] Text
BAB V anak ama.pdf - Published Version

Download (137kB)
[img] Text
BAB IV anak ama.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (777kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA anak ama.pdf - Published Version

Download (139kB)
[img] Text
Skripsi Lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesulitan peserta didik kelas VIII MTsN 6 Solok dalam menyelesaikan soal matematika, yang menyebabkan banyaknya peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 80. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk: 1) menganalisis jenis-jenis kesulitan yang dialami peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika, 2) mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan peserta didik kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTsN 6 Solok yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling dan terpilih kelas VIII sebagai subjek penelitian. Instrumen penelitian berupa tes diagnostik dan wawancara. 1 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kesulitan-kesulitan yang dialami peserta didik yaitu kesulitan konsep, prinsip, dan algoritma. Akan tetapi, kesulitan yang paling dominan yang dialami adalah kesulitan prinsip (kesulitan memahami maksud soal dan menghubungkannya dengan teorema phytagoras). Kesulitan-kesulitan tersebut terdiri dari: kesulitan konsep sebanyak 65%, kesulitan prinsip sebanyak 96% , kesulitan algoritma sebanyak 68%, kesulitan konsep dan prinsip sebanyak 28%, kesulitan konsep dan algoritma sebanyak 9%, kesulitan prinsip dan algoritma sebanyak 43% serta kesulitan konsep, prinsip, dan algoritma sebanyak 12%. 2) Faktor-faktor yang menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika terdiri dari faktor internal, yaitu faktor yang berasal dari dalam diri individu, kemampuan akademis peserta didik yaitu kurang memahami soal, kesulitan mengidentifikasi yang diketahui dan ditanya soal, tidak mengetahui rumus/prinsip yang digunakan untuk menjawab soal, tidak mengetahui langkah penyelesaian soal dan kurang teliti, jarang belajar di rumah, kurangnya konsentrasi belajar di sekolah dan penglihatan terganggu. Dan faktor eksternal, yaitu faktor yang berasal dari luar individu, terdiri dari: jarang bertanya pada guru, jarang berdiskusi atau belajar kelompok, ruang belajar yang kurang kondusif, suasana kelas ribut serta tidak memiliki buku paket.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 12 Sep 2022 04:20
Last Modified: 12 Sep 2022 04:20
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10646

Actions (login required)

View Item View Item