Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantu Media Video Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP N 6 Payakumbuh Tahun Ajaran 2018/2019

Anisa, Anisa (2019) Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantu Media Video Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP N 6 Payakumbuh Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
FILE 1.pdf - Published Version

Download (724kB)
[img] Text
FILE 2 BAB I.pdf - Published Version

Download (326kB)
[img] Text
FILE 3 BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] Text
FILE 4 BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
FILE 5 BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
FILE 6 BAB V.pdf - Published Version

Download (173kB)
[img] Text
FILE 7 DAFTRA PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (186kB)
[img] Text
FILE GABUNGAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Anisa NIM: 1414040329 Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantu Media Video Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP N 6 Payakumbuh Tahun Ajaran 2018/2019 : Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang, 2019. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang masih rendah terutama pada materi bilangan bulat. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik adalah dengan penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching berbantu media video. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana aktivitas belajar matematika peserta didik kelas VII SMP N 6 Payakumbuh yang diajar dengan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching berbantu media video Tahun Ajaran 2018/2019? dan Apakah kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VII SMP N 6 Payakumbuh yang diajar dengan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching berbantu media video lebih tinggi dari pada kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang diajar dengan Model Pembelajaran Konvensional?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas belajar matematika peserta didik yang diajar dengan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching berbantu media video di kelas VII SMP N 6 Payakumbuh dan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VII SMP N 6 Payakumbuh yang diajar dengan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching berbantu media video lebih tinggi dari pada yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP N 6 Payakumbuh tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 7 kelas. Sampel diambil secara acak, yang terambil sebagai kelas eksperimen adalah kelas VII.2 dan kelas kontrol adalah kelas VII.4. instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas belajar peserta didik dan tes kemampuan pemahaman konsep berupa soal essay. Berdasarkan hasil penelitian, aktivitas belajar peserta didik selalu meningkat kearah yang lebih baik dari pertemuan pertama sampai pertemuan keempat. Hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematika menunjukkan bahwa perolehan rata-rata nilai tes kelas eksperimen 78,93 dan rata-rata skor tes kemampuan pemahaman konsep matematika kelas kontrol adalah 68,38. Analisis dilanjutkan dengan uji t, diperoleh t hitung > t tabel (2,906 > 1,645) pada selang kepercayaan 95%. Ini berarti hipotesis yang dikemukakan sebelumnya diterima artinya kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang diajar dengan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching berbantu media video lebih tinggi dari pada kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 12 Sep 2022 03:36
Last Modified: 12 Sep 2022 03:36
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10638

Actions (login required)

View Item View Item