PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK YANG BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DAN TWO STAY TWO STRAY DI KELAS VII SMPN 1 DANAU KEMBAR KABUPATEN SOLOK

Abadan Sakuro, Abadan (2019) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK YANG BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DAN TWO STAY TWO STRAY DI KELAS VII SMPN 1 DANAU KEMBAR KABUPATEN SOLOK. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
2. COVER, PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (552kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf - Published Version

Download (415kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf - Published Version

Download (708kB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img] Text
7. BAB V.pdf - Published Version

Download (171kB)
[img] Text
8. DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (170kB)
[img] Text
9. file full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Abadan Sakuro : Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep NIM.1414040625 Matematis Peserta Didik yang Belajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan Two Stay Two Stray di Kelas VII SMPN 1 Danau Kembar Kabupaten Solok Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VII SMPN 1 Danau Kembar tahun ajaran 2018/2019. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan pendidik belum mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik, untuk itu diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan two stay two stray. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VII SMPN 1 Danau Kembar Kabupaten Solok dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan two stay two stray. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment dengan rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN 1 Danau Kembar Kabupaten Solok. Sampel penelitian ini adalah populasi itu sendiri (total sampling). Setelah pengundian diperoleh kelas VII.A sebagai kelas eksperimen I dengan menerapkan model kooperatif tipe group investigation, kelas VII.B sebagai kelas eksperimen II dengan menerapkan model kooperatif tipe two stay two stray, dan kelas VII.C sebagai kelas kontrol dengan menerapkan pembelajaran yang sesuai di sekolah yaitu pendekatan saintifik. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Waktu penelitian ini dimulai pada tanggal 29 Oktober - 27 November 2019 di SMPN 1 Danau Kembar kabupaten Solok. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik di kelas eksperimen I yaitu 78,33, di kelas eksperimen II yaitu 70,46, dan di kelas kontrol yaitu 60,52. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t dengan t tabel ii = 1,67 diperoleh t hitung > t tabel , hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima artinya kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation lebih baik daripada peserta didik yang belajar dengan pendekatan saintifik dengan t hitung = 3,78, peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray lebih baik daripada peserta didik yang belajar dengan pendekatan saintifik dengan t hitung = 2,09 dan tidak terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajran kooperatif tipe group investigation dan two stay two stray. Kata kunci: group investigation, two stay two stray, pemahaman konsep matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 12 Sep 2022 03:24
Last Modified: 12 Sep 2022 03:24
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10634

Actions (login required)

View Item View Item