DINAMIKA PELAKSANAAN UPACARA BAKAWU DI NAGARI LUBUK TAROK KECAMATAN LUBUK TAROK KABUPATEN SIJUNJUNG PROVINSI SUMATERA BARAT

Yunita Lestari, Yunita (2019) DINAMIKA PELAKSANAAN UPACARA BAKAWU DI NAGARI LUBUK TAROK KECAMATAN LUBUK TAROK KABUPATEN SIJUNJUNG PROVINSI SUMATERA BARAT. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Point B.pdf - Published Version

Download (895kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (443kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (180kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (21kB)
[img] Text
daftar pustaka baru.pdf - Published Version

Download (94kB)
[img] Text
Point E.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul Dinamika Pelaksanaan Upacara Bakawu Di Nagari Lubuk Tarok Kecamatan Lubuk Tarok Kabupaten Sijunjung Provinsi Sumatera Barat yang ditulis oleh Yunita Lestari , BP 1414090292 Program Studi Tadris IPS Konsentrasi Sejarah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih dilakukan tradisi tradisional di zaman yang sudah modren ini dan untuk mengetahui bagaimana dinamika atau perubahan dari pelaksanaan Upacara Bakawu ini di Nagari Lubuk Tarok Kecamatan Lubuk Tarok Kabupaten Sijunjung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persiapan pelaksanaan Uapacara Bakawu, dinamika pelaksanaan Upacara Bakawu tahun 2009-2018, dan mengetahui manfaat pelaksanaan Uapacara Bakawu. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Lokasi penelitian Jorong Jambu Lipo Nagari Lubuk Tarok Kabupaten Sijunjung. Langkah-langkah penelitian heuristik, kritik sumber, interpretasi data dan historiografi. Hasil penelitian ditemukan: Pertama Persiapan dan Pelaksanaan Upacara Bakawu dimulai dengan melakukan persiapan seperti menentukan hari, membuat surat undangan, gotong royong, malam jago-jago, proses penyemblihan dan memasak daging kerbau. Pelaksanaan upacara bakawu ini dilaksanakan dengan beberapa urutan acara seperti upacara pembukaan atau sambutan, acara inti makan bersama dan diakhiri dengan doa bersama dilanjutkan dengan acara penutupan pada malam hari yaitu pembubaran panitia dan pengembalian keris yang melambang bahwa acara telah selesai. Kedua Dinamika Pelaksanaan Upacara Bakawu dari tahun 2009-2018 yaitu pada tahun 2009-2014 tempat yang berbeda yaitu lapangan dan acara dimeriahkan dengan berbagai acara seperti randai, saluang, rabab dan mengundang pemerintah dan tokoh adat Nagari Lubuk Tarok. 2014-2018 tempat pelaksanaan Upacara Bakawu kembali dilaksanakan di sawah, dimeriahkan dengan acara festival, dan mengundang aparat pemerintah Kabupaten Sijunjung dan mengundang Raja-raja Nusantara. Ketiga Manfaat upacara Bakawu di Nagari Lubuk Tarok, yaitu mengajarkan arti bersyukur kepada Allah SWT, menjalin silahturahmi sesama masyarakat, dan melestarikan tradisi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dinamika pelaksanaan upacara Bakawu tahun 2009-2018 terjadi perubahan secara signifikan terhadap proses pelaksanaan upacara Bakawu dan dari segi tamu undangan yang hadir dari tahun 2009-2018 mengalami perkembangan serta perkembangan dari segi acara yang ditampilkan seperti diadakannya Festival Ranah Godok Obui dalam rangka memeriahkan acara upacara Bakawu dan juga untuk menarik perhatian masyarakat diluar dari Sijunjung untuk mengahadiri acara upacara Bakawu sehinnga bisa menjadi aset wisata bagi masyarakat Sijunjung kususnya Nagari Lubuk Tarok. Manfaat upacara Bakawu adalah untuk mengimplementasi dari wujud rasa syukur kepada Allah SWT, dan menjaga eksistensi tradisi dan budaya lokal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 12 Sep 2022 02:50
Last Modified: 12 Sep 2022 02:50
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10626

Actions (login required)

View Item View Item